DPRD Sigi Studi Banding Tanaman Porang di Pasangkayu

Ayotau, Sigi- Anggota DPRD Kabupaten Sigi melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Pasangkayu, Kamis, 27 Mei 2021. Kunker tersebut mengenai pengembangan tanaman porang.

Wakil Ketua I DPRD Sigi, Rahmat Saleh mengatakan, kunjungan tersebut dalam rangka koordinasi dan studi banding pimpinan dan anggota Komisi II DPRD Sigi mengenai pengembangan tanaman porang sebagai referensi budidaya porang di Kabupaten Sigi.

Rahmat Saleh menjelaskan, kedatangan DPRD Sigi di Pasangkayu karena ketertarikan terhadap komoditi tanaman porang yang telah dikembangkan di wilayah Pasangkayu.

Mengingat wilayah Sigi merupakan daerah agraris yang tidak ada lautnya, maka salah satu komoditi yang punya nilai ekonomis tinggi yang cocok dikembangkan di Sigi ialah tanaman porang selain tanaman kakao yang sudah menjadi komoditi utama petani di Sigi.

“Kami berharap minimal ada oleh-oleh bagaimana cara penanaman porang yang dibawa pulang,” katanya pada kunker yang diikuti rombongan anggota DPRD Sigi.

Rombongan tersebut di terima Ketua Komisi II DPRD Pasangkayu Muslihat Kamaluddin, Politisi Golkar H Syaifuddin A. Baso, Kadis Pertanian Pasangkayu, Ir. Irman diruang Aspirasi DPRD Pasangkayu.

Anggota DPRD Pasangkayu Syaifufdin A. Baso menjelaskan, untuk tahun ini Pemkab Pasangkayu belum menganggarkan pengadaan tanaman porang, namun Provinsi Sulbar memprogramkan dengan yang di anggarkan lewat APBD Provinsi tahun 2021.

Syaifuddin mengatakan, tanaman porang ini sangat luar biasa hasilnya jika dibandingkan tanaman sawit. Meski diakuinya tanaman porang ini belum ada ukuran hasilnya di Pasangkayu, tapi tanaman porang sudah di minati petani.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed