Usai Dilantik, Panitia STQH Diharap Segera Laksanakan Tugas

Ayotau, Touna- Panitia Penyelenggara Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadis (STQH) XXVII, tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2023, telah resmi dikukuhkan oleh Gubernur Provinsi Sulteng, yang diwakili oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Setda Provinsi Sulteng, Ir. H. Faisal Mang, MM.

Acara pengukuhan itu diselenggarakan di Kabupaten Tojo Una-Una. Yang dihadiri sejumlah pejabat baik dari unsur pemerintah Kabupaten maupun Provinsi, salah satu yakni Kepala Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Sulteng, H. Junaidin.

Panitia yang dikukuhkan meliputi semua perangkat atau panitia teknis yang akan terlibat pada STQH nanti.

Asisten 1 Setdaprov Sulteng, Faisal Mang saat membacakan sambutan Gubernur mengharapkan, panitia penyelenggara STQH yang telah dikukuhkan, dapat segera menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan, sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing.

“Pemerintah provinsi berharap event STQH dapat dipersiapkan dengan baik dan matang. Sebagai tuan rumah Tojo Una-Una diharapkan bisa mempersembahkan yang terbaik,” kata Faisal.

Setelah pengukuhan, panitia STQH langsung melanjutkan Rapat Teknis, untuk membahas seluruh bidang tugas yang akan dilaksanakan nanti di ajang tersebut. Rapat itu dipimpin oleh Panitia Teknis Provinsi yakni Kepala Biro Kesra bersama Sekretaris Daerah Kab. Tojo una-una.

Dari hasil rapat teknis tersebut, telah ditetapkan waktu pelaksanaan STQH yakni dimulai dari 6 hingga 10 Mei 2023.

Sementara itu, Kepala Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Sulteng, H. Junaidin mengungkapkan, waktu pelaksanaan STQH provinsi telah menyesuaikan, dengan waktu sebelum digelarnya STQH tingkat nasional ke XXVII di Jambi, yaitu pada Oktober tahun 2023.

“Sesuai Juknis STQH Nasional, bahwa waktu pendaftaran kepesertaan STQH nasional akan di mulai pada 1 sampai 31 Juli melalui link E-MTQ,” kata Junaidin, saat dihubungi via telfon, Kamis, 9 Februari 2023.

Olehnya itu, Junaidin berharap, STQH Provinsi Sulteng, tidak lagi mengalami penundaan dari waktu yang telah ditetapkan.

“Adapun cabang yang dilombakan dalam event STQH ini terdiri dari 4 Cabang Lomba, yaitu pertama Cabang Tilawah al-Qur’an, kedua Cabang Hifzil Qur’an, ketiga Cabang Tafsir al-Qur’an, dan keempat Cabang Musabaqah Hadis Nabi,” ungkapnya.

Kata Junaidin, jika dikalkulasikan sebanyak 260 peserta lomba yang akan mengikuti event STQH provinsi kali ini, yang merupakan perwakilan dari masing-masing Kab/Kota se-Sulawesi Tengah.

“Kami berharap semoga semua berjalan lancar dan aman, serta kegiatan STQH ini akan melahirkan duta-duta Sulteng, yang akan mewakili di STQH Tingkat nasional nanti di Provinsi Jambi,” pungkasnya. (*/AH)

Komentar