oleh

Hadianto Tak Mau Gegabah Susun Program di APBD

Ayotau, Palu – Wali Kota Palu Hadianto Rasyid menyebut tak ingin gegabah dalam menyusun program dalam APBD tahun 2021. Menurutnya, APBD Palu tahun ini masih merupakan produk daripada pemerintahan sebelumnya.

Hal ini ia tegaskan sekaitan adanya rencana untuk penganggaran bantuan modal kewirausahaan bagi generasi muda sebagai support pemerintah.

“Apakah bisa ditahun ini? masih jadi tanya besar. Karena APBD tahun 2021 adalah produk lama. Saya tidak ingin gegabah memasukkan itu sebagai program ditahun 2021 ini,”kata Handianto, dalam workshop kewirausahaan yang dilaksanakan mahasiswa Universitas Tadulako (Untad), Senin 7 Juni 2021 di Hotel Sutan Raja Palu.

Hadi sapaan akrab wali kota dalam kesempatan itu banyak memotivasi para mahasiswa yang menjadi peserta workshop kewirausahaan.

Salahsatunya adalah motivasi terkait modal untuk memulai usaha. Menurut dia, faktor yang paling penting dalam menjalankan sebuah usaha adalah kepercayaan. Seseorang bisa memulai berusaha dengan modal kepercayaan tersebut.

“Tidak selamanya modal itu selalu uang. Tapi bagaimana membangun kepercayaan untuk memulai berusaha,”hematnya.

Wali kota mencontohkan, bagaimana seseorang bisa mendapat kepercayaan saat memesan barang secara on-line yang dilakukan tanpa terlebih dulu dilakukan pembayaran.

“Kita belum kirim uang untuk pesan barang. Ini contoh sebuah kepercayaan,”sebutnya.

Kegiatan workshop kewirausahaan yang digagas mahasiswa Universitas Tadulako (Untad) Palu ini mengangkat tema generasi milenial berwirausaha, muda mandiri kreatif dan inovatif. Usai membuka kegiatan, wali kota juga menjadi narasumber.

Bersama praktisi ekonomi Yunan, Lampasio dan Fais Aprianto dari kalangan pelaku usaha.

Hadi menaruh harapan kepada para mahasiswa sebagai generasi penerus untuk untuk mempersiapan diri sebaik-baiknya. Karena kedepan keberlangsungan pembangunan daerah, khususnya Kota Palu bergantung pada generasi muda.

“Generasi muda harus punya cita-cita.Dan yakin bahwa Allah akan memberi ruang dan kesempatan yang sama bagi semua,”harapnya.

Terkait kewirausahaan, Hadi menjelaskan bahwa membangun usaha atau bisnis memiliki banyak manfaat. Mulai dari pengalaman hingga memperluas networking.

Selain juga mendapat banyak pengalaman.

“Membangun usaha diusia muda juga dapat mendekatkan kamu untuk mencapai potensimu sebagai pebisnis lebih cepat,”ujarnya.

Banyak kata Hadi kisah pengusaha yang sukses membangun bisnisnya dari nol. Dengan perjuangan yang berat, jatuh bangun dan akhirnya mencapai kesuksesan yang besar.

“Kisah sukses seseorang dalam berbisnis ini dapat menumbuhkan motivasi untuk melakukan hal serupa dan menghindarkan diri dari ketakutan dan risiko yang akan dihadapi,”pungkasnya.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed