Pemkot Palu-Bulog Sulteng Sarankan Warga Beralih ke Beras SPHP

Ayotau, Palu- Menghadapi lonjakan harga beras lokal yang cukup mencemaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) Palu bersama Bulog Sulteng, memberikan solusi kepada warga, agar beralih ke beras Program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), yang lebih akrab dengan sebutan beras Bulog.

Kepala Perum Bulog Provinsi Sulteng, Heriswan menegaskan, bahwa beras SPHP memiliki kualitas dan rasa yang tak kalah dengan beras premium yang beredar di pasaran.

“Kami menggolongkan beras Bulog sebagai beras kualitas premium, dan kami berharap masyarakat dapat memilih SPHP sebagai alternatif konsumsi mereka,” ungkap, Heriswan, dihadapan sejumlah media di Palu, Senin, 18 Maret 2024.

Menurutnya, beras SPHP Bulog dapat dinikmati dengan harga yang lebih terjangkau, hanya Rp54.500 untuk kemasan 5kg.

Heriswan juga memastikan ketersediaan stok beras SPHP cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Palu, terutama menjelang bulan Ramadan dan Idul Fitri.

Kehadiran beras Bulog juga didukung oleh Pemkot Palu melalui Dinas Perdagangan Kota Palu.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Palu, Zulkifli mengungkapkan, bawah mereka tidak hanya mengadakan pasar murah, tetapi juga rutin menggelar operasi pasar di berbagai kelurahan, termasuk yang berada di pinggiran kota.

Zulkifli menekankan, pentingnya bagi warga Kota Palu untuk memilih beras SPHP sebagai opsi yang bijak, karena selain memiliki kualitas premium, harganya juga lebih terjangkau berkat subsidi dari pemerintah.

“Kami mengajak masyarakat untuk memilih beras SPHP sebagai pilihan yang lebih ekonomis namun tetap berkualitas,” tegasnya.

Dalam konteks menghadapi kenaikan harga bahan pokok, Pemkot dan Bulog pun mengimbau, masyarakat untuk berbelanja dengan bijak, mengingat Surat Edaran Wali Kota Palu yang menegaskan pentingnya menghindari panic buying. Dengan demikian, langkah ini diharapkan dapat membantu masyarakat Kota Palu menjaga stabilitas ekonomi rumah tangga mereka sambil tetap menikmati kualitas beras yang baik. (del)

Komentar