Kemenag Sulteng Harap Pelayanan PPIH Terus Meningkat

Ayo memeilih

Ayotau, Sigi- Bidang Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Sulteng, menggelar Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji, di salah satu Cafe di Kabupaten Sigi, Rabu, 13 September 2023.

Kegiatan evaluasi ini dihadiri oleh Kakanwil Kemenag Sulteng, H. Ulyas Taha, didampingi Kepala Bidang Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulteng, H. Muchlis Aseng.

Ulyas mengatakan, banyak suka maupun duku dalam melayani para jemaah haji tahun 1444 H atau 2023, baik mulai dari keberangkatan jemaah dari Asrama Haji transit Palu menuju Embarkasi Balikpapan, maupum kepulangan mereka dari tanah suci Mekkah.

“Secara umum semua panitia penyelenggara ibadah haji telah melakukan pelayanan secara maksimal, dari awal saya sampaikan kekurangan fasilitas seperti di Asrama Haji transit Palu, akan kita tutupi dengan pelayanan kita yang maksimal, ketika kita berikan pelayanan maksimal, maka kekurangan-kekurangan secara fisik bisa tertutupi,” jelasnya.

Bahkan, kata Ulyas, mulai dari di asrama haji Transit hingga di Embarkasi Balikpapan, luar biasa respon atau apresiasi dari jemaah, sampai ada yang bercerita dengan meneteskan air mata, karena terharunya mendapatkan pelayanan yang maksimal dari panitia.

“Maka saya kembali mengulangi apa yang dikatakan Gusmen (Menag RI), bahwa kita ini tidak minta untuk dihargai orang atas pekerjaan kita, tetapi kemudian kalau kita bekerja secara maksimal dan kita telah melakukan pekerjaan yang begitu baik lalu kemudian orang tidak mengakui itu, maka tentu kita tidak akan menerima atas apa yang mereka sampaikan,” ujarnya.

“Oleh sebab itu, biarlah mereka-mereka yang berbicara terhadap apa pekerjaan kita, tetapi yang kita layanilah yang memberikan penilaian kepada kita,” tambahnya.

Ulyas mengatakan, keberhasilan yang dicapai dalam pelayanan haji ini tentunya tidak boleh jumawa atau terlalu sombong dengan keberhasilan ini. Tetapi penting itu yang disyukuri.

“Kalaupun ada evaluasi atau kritikan, kalau yang menjadi itu akan menjadi bahan koreksi kita untuk tahun-tahun berikut, tetapi kalau itu tidak benar tentunya kita bisa jadikan lahan pahala untuk kita,” ungkapnya.

Ulyas mengucapkan terimakasih kepada semua PPIH yang telah bekerja maksimal, semoga apa yang dilakukan semuanya bisa menjadi amal, dalam melayani jemaah atau tamu allah untuk beribadah ke tanah suci. (*/AM)

Komentar