oleh

Diskominfo Sulteng Galakkan Literasi Digital ke KIM

Ayotau, Palu – Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik Diskomifo Provinsi Sulawesi Tengah, Hasim R, mengungkapkan pihaknya akan terus melakukan pembinaan ke Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Salah satu wujud pembinaan dimaksud dengan mengalakkan literasi digital.

“Salah satu yang kita galakkan pembinaan dalam hal literasi digital,” ungkap Hasim, Kamis 16 September 2021.

Dia mengatakan dalam waktu dekat ini Diskominfo akan kembali melakukan pembinaan KIM. Sasaran pembinaan tersebut untuk KIM di Balaesang Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

“Kita akan berkunjung ke sana untuk pembinaan sekaligus FGD, sosialisasi tentang literasi digital dan menyerahkan bantuan untuk KIM,” ujar Hasim.

Hasim menuturkan bantuan yang akan diberikan berupa latop dan printer untuk menunjang KIM. Sebelumnya, Hasim mengungkapkan sudah terbentuk 61 Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di kabupaten/kota se-Sulteng.

“Pembinaan KIM pada dasarnya dilaksanakan Diskominfo provinsi dan kabupaten/kota. KIM adalah lembaga swadaya masyarakat yang berkumpul untuk membatu aparatur dan warga untuk menginformasikan hal-hal apa saja yang pelu diketahui masyarakat,” ungkapnya di Palu, Rabu 15 September 2021.

Olehnya keberadaan KIM haru menjembatani akses informasi yang dibutuhkan masyarakat di desa. Sebab menurut Hasim akses informasi sangat berperan dalam kaitan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dicontohkan dalam hal jual-beli hasil pertanian di suatu desa yang membutuhkan informasi untuk harga terbaik.

“Misal di suatu desa ada petani buah-buahan, selama ini hanya dijual ke pasar dengan harga Rp1.000 perbuah, tapi ketika mendapatkan informasi ternyata ada Rp5.000 per tiga buah, ada untung berarti,” ucap Hasim.

Hasim mengatakan dalam pembinaan pihaknya sudah melakukan dua kunjungan ke KIM Tolitoli dan Buol pada September 2021.  (JT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed