Ribuan TNI dan Padat Karya Turun Aksi Bersih-Bersih di Pingiran Pantai Talise

Ayotau, Palu- Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) Palu bersama Korem 132 Tadulako bersinergi, melakukan aksi bersih-bersih sepanjang Pantai Talise Kota Palu, pada Jumat, 23 Februari 2024.

Aksi bersih-bersih itu melibatkan ribuan personel TNI dan pekerja Padat Karya.

Sejumlah pekerja padat karya dan TNI, saat bersinergi ikut aksi bersih-bersih di sepanjang pantai Talise. (FOTO:IST)

Kepala staf Korem 132/Tdl, Kolonel Inf Antonius Totok Chrishardjoko S.I.P. mengatakan, pihaknya melibatkan sekitar 450 personel TNI AD yang disebar diberbagai titik termasuk sepanjang Pantai Talise.

Selain itu, kata dia, dalam peringatan HPSN ini, melibatkan berbagai lembaga dan kementerian, termasuk Pemerintah (Pemkot) Palu yang menurunkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan 3.000 lebih peserta padat karya dalam aksi bersih Pantai Talise tersebut.

“Kita berkomitmen dan perlu mendukung pemerintah daerah dalam kegiatan kebersihan maupun kegiatan lainnya. Ini salah satu bagian dari dukungan kita ke Pemkot Palu intuk ikut menjaga lingkungan dan kebersihan daerah,” ujarnya.

Kolonel Inf Antonius, juga mengatakan, tidak hanya peduli lingkungan, TNI juga menjalankan program lainnya seperti mendukung penanganan stunting, menjaga ketahanan pangan dan menjalankan program manunggal air untuk daerah-daerah yang mengalami kesulitan air bersih.

 

Sementara itu, Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, Irmayanti Petalolo mengatakan, selain seluruh OPD dan 3.000 peserta padat karya, Pemkot Palu juga menurunkan seluruh mobil pick up sampah, dalam aksi bersih Pantai Talise tersebut.

Dalam peringatan HPSN ini, Pemkot Palu mengelar barbagai agenda lainnya seperti lomba mendesain tas belanja bukan sekali pakai, lomba ranking 1 yang akan diikuti oleh kepala OPD di lingkup Pemkot Palu untuk mengasalah pengetahuan tentang lingkungan hingga puncak acara yang akan digelar di TPA Kawatuna.

“Sengaja puncak acaranya kita gelar di TPA, agar masyarakat tau bahwa TPA tidak semegerikan yang dibayangkan. TPA kita saat ini telah dikelolah baik oleh Pemkot Palu dengan adanya beberapa fasilitas di dalamnya,” ujarnya. (*/del)

Komentar