Prof Basir Kuliahi Ratusan Mahasiswa Kedokteran Untad

  • Harus Adaptasi dengan Perkembangan Teknologi

Ayotau, Palu- Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako (Untad) melaksanakan kuliah umum pada Sabtu, 4 September 2021. Kegiatan tersebut diikuti ratusan mahasiswa kedokteran Untad yang berlangsung secara virtual via zoom meeting.

Pihak Fakultas Kedokteran menghadirkan Ketua Senat Untad, Prof Dr Ir H Muh Basir Cyio SE MS, sebagai narasumber. Rektor dua periode itu memaparkan materi terkait “Laju Peradaban Menuntut Perubahan Profil Lulusan Pendidikan dan Profesi”.

Dalam kesempatan ini, Prof Basir menekankan agar mahasiswa yang nantinya menjadi dokter bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Dalam dunia kesehatan dicontohkan jika dahulu tindakan operasi dengan pisau medis, kini seiring perkembangan teknologi telah menggunakan laser.

“Satu hal yang perlu saya ingatkan agar ananda ku sekalian bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi,” ucapnya.

Prof Basir mengatakan mau tidak mau atau suka tidak suka, dengan teknologi sebagian besar telah menggantikan peran manusia, termasuk di bidang pelayanan kesehatan. Namun demikian, diyakini peran dokter tidak akan sepenuhnya terlibas oleh perkembangan teknologi.

Sebab menurut Prof Basir, teknologi yang salah satunya berbentuk robot merupakan ciptaan manusia dengan sistem komputerisasi. Itu artinya, robot memerlukan program atau perintah dari manusia dalam melaksanakan tugas.

Selain itu, untuk menentukan atau memutuskan tindakan medis terhadap seorang pasien tetap harus melalui dokter. Dalam posisi tersebut dipastikan fungsi seorang dokter belum bisa tergantikan.

Di sisi lain, Prof Basir juga mengharapkan mahasiswa kodekteran harus tahan banting dalam melaksanakan profesi nantinya. Sebab dipastikan akan ada berbagai tantangan yang akan dihadapi utamanya dengan adanya berbagai media sosial saat ini.

“Bapak Presiden kita saja yang sudah tulus bekerja masih banyak yang membully, mencaci, memfitnah dan sebagainya. Olehnya ananda ku sekalian harus siap menghadapi hal-hal seperti itu,” tandas Prof Basir.

Kuliah umum turut dihadiri Dekan Fakultas Kedokteran, para Wakil Dekan, dan civitas Untad lainnya. (JT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed