oleh

Perbaikan Verifikasi Administrasi Keanggotaan, KPU Palu Rakor Bersama Parpol

Ayotau, Palu- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Verifikasi Administrasi Perbaikan Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024.

Rapat koordinasi (rakor) tersebut dibuka oleh Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid, bertempat di salah satu hotel Kota Palu, Senin, 26 September 2022.

Hadir dalam rakor tersebut, perwakilan pengurus Partai Politik (Parpol) dan sejumlah jurnalis.

Ketua KPU Palu, Agussalim mengajak Partai Politik rajin melihat aplikasi sistem informasi partai politik (Sipol) selama proses verifikasi administrasi.

Menurutnya masih ada ditemukan tidak sesuaiannya antara data di Sipol dengan KTP, NIK, KTA serta status pekerjaan di KTP.

“Solusinya untuk membenahi itu Parpol harus rajin-rajin melihat Sipol, sebab jika ada temuan seperti itu KPU lewatkan di aplikasi Sipol,” ujarnya.

Ia mengatakan, terkait data ganda eksternal parpol, indikasi pekerjaan dan sebagainya, parpol dapat menindak lanjuti sesuai tanggal yang telah ditentukan.

Sementara Komisioner KPU Palu, Iskandar Lembah Dalam rakor tersebut menyampaikan informasi-informasi dalam keputusan KPU Nomor 346/2022.

Di antaranya masa perbaikan dan penyampaian dokumen persyaratan oleh parpol melalui Sipol dijadwalkan 15-28 September 2022.

“KPU memberikan kesempatan parpol melakukan perbaikan terhadap hasil BMS (Belum Memenuhi Syarat). KPU RI akan melakukan verifikasi administrasi terhadap dokumen persyaratan perbaikan pada 29 September sampai 12 Oktober 2022,” katanya.

Dikatakan, rekapitulasi hasil verifikasi administrasi dokumen persyaratan perbaikan keanggotaan partai politik hasil perbaikan dari KPU Kabupaten/Kota oleh KPU Provinsi tanggal 10 Oktober 2022.

Pengumuman verifikasi administrasi tanggal 14 Oktober 2022.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.