oleh

Kesbangpol Palu Miliki Empat Fokus Program Prioritas

Ayotau, Palu- Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palu, H. Asnyar Sutiadi, memiliki empat fokus program prioritas, diantaranya adalah pertama pembinaan ideologi pancasila.

“Saat ini sudah mulai jalan, targetnya itu menjadi role model (panutan) pembinaan ideologi pancasila di Indonesia, terkait ini kami sudah kerjasama dengan BPIP dan Kementerian terkait lainya,” kata Ansyar, di ruangan kerjanya, Selasa, 30 November 2021.

Ansyar mengatakan, program prioritas kedua adalah mewujudkan demokrasi yang berkualitas, terkait ini Kesbangpol akan bekerjasama dengan KPU.

“Hari ini (kemarin) KPU kami sudah fasilitasi, kita sudah beri dukungan Rp300 juta, saya sudah bilang Ketuanya dan ini kami akan jaga, dengan Kementerian Dalam Negeri,” ungkapnya.

Yang ketiga, kata Ansyar, pemberantasan narkotika dengan mendukung P4GN bersama dengan BNN Kota Palu.

“Hal ini juga kita akan lihat untuk bisa menurunkan tingkat prevalensi, minimal kita turun peringkat juga indikatornya,” katanya.

Selain itu kata Ansyar, program prioritas keempat penataan mitra-mitra kerja yang ada di Kesbangpol, dengan peningkatan kapasitas dan penataan organisasi, seperti lembaga adat, satgas K5 anti narkoba, forum pembaruan kebangsaan, forum komunikasi umat beragama, ormas dan orpol.

“Empat program ini akan menjadi fokus kami di Kesbangpol Kota Palu, saya tidak bisa menentukan target, yang jelas selama saya menjabat ini program yang menjadi prioritas,” ujarnya.

Menurut Ansyar, program ini telah dituangkan di dalam rencana kerja Kesbangpol Kota Palu.

“Semuanya kolaboratif karena basisnya ini adalah masyarakat, maka kita akan banyak melakukan kolaboratif bersinergi dengan lembaga yang lain, dan sasaranya kita ini betul-betul langsung ke lembaga masyarakat. Misalnya organisasi kemasyarakat pemuda (OKP), sekolah, lembaga adat, sehingga empat hal yang menjadi fokus kita ini secara konsisten bisa kita laksanakan, dengan rencana aksi yang baik dan timeline yang terukur,” pungkasnya.

Ansyar mengatakan, tahun 2022 sudah perubahan mainset, jadi semua program yang berkait dengan hal tersebut tidak lagi output, tetapi outcome hasil dan dampaknya.

“Makanya di 2022 kita akan lakukan penataan khususnya kepada organisasi yang menjadi mitra Kesbangpol, sehingga pengurus yang menjadi mitra kami jauh memiliki kapasitas yang baik, karena mau mendorong manusia,” ungkapnya. (AH)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.