Kakanwil Kemenag Sulteng Siap Jalankan Amanat Menag RI

Ayo memeilih

Ayotau, Palu- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, Ulyas Taha, mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kemenag tahun 2023, di Surabaya.

Rakernas dibuka oleh Menteri Agama (Menag RI), Yaqut Cholil Qoumas, belum lama ini, dengan mengangkat tema “Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat”.

Ulyas mengatakan, dalam kegiatan ini Menag memberikan pesan kepada seluruh jajarannya di wilayah Indonesia, terkait tentang bagaimana menjaga kerukunan antar umat beragama dalam menyongsong tahun politik.

“Tahun 2023 dideklarasikan oleh Menag sebagai Tahun Kerukunan Umat Beragama. Olehnya dalam menyongsong tahun politik, Menag berpesan agar seluruh jajarannya ikut berupaya dalam mencegah politisasi agama di rumah ibadah dan lingkungan masyarakat sebab sudah menjadi tugas ASN Kemenag untuk memastikan kerukunan umat tetap terjaga baik di tahun politik,” kata Ulyas.

Selain itu, kata Ulyas, Menag juga berpesan seluruh jajaran Kemenag untuk dapat memberikan respons cepat, jelas, detail, serta tepat atas semua isu dan masalah keagamaan yang terjadi di tengah masyarakat. Respons cepat sangat penting karena selain dapat menenangkan publik, juga merupakan upaya untuk mengedukasi masyarakat.

“Hal lain yang juga ditekankan oleh Menag dalam Rakernas, yaitu profesionalisme ASN, komitmen anti korupsi, realisasi program prioritas, dan target 10 juta sertifikasi halal,” ujarnya.

Olehnya itu, Ulyas mengajak, kepada seluruh ASN Kemenag di Sulteng, untuk menindaklanjuti amanat Menag tersebut dengan fokus bekerja serta menjadikannya prioritas dalam pelaksanaan program kerja di tahun 2023.

Acara ini dihadiri 294 peserta dari unsur Pejabat Unit Eselon I, II, III, dan IV Kemenag Pusat, Staf Ahli, Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menag, Pimpinan PTKN, dan Kepala Kanwil Kemenag.

Bergabung secara daring dalam Rakernas yang akan berlangsung dua hari, 4-5 Februari 2023, para Kepala Kankemenag kabupaten/kota di seluruh Indonesia. (**)

Komentar