Judul Kotoran Sapi Jadi Pupuk Organik, Jadi Pemenang Kelurahan Inovasi

Ayotau, Palu- Wakil Wali Kota Palu dr Reny A Lamadjido, menghadiri sekaligus menyerahkan piala dan penghargaan kepada pemenang lomba kelurahan inovasi tingkat masyarakat se-kota palu tahun 2022, Kamis 15 September 2022 di Ruang Bantaya Kantro Wali Kota Palu. Lomba kelurahan inovasi ini merupakan kegiatan yang diinisiasi  Balitbangda Kota Palu.

Untuk pemenang lomba kelurahan inovasi tingkat masyarakat se-kota Juara satu dengan judul inovasi pemanfaatan limbah kotoran sapi menjadi pupuk organik bernilai ekonomis. Juara dua dengan judul inovasi furniture drum bekas dan juara tiga dengan inovasi pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan value chain (kelor) demi usaha mandiri, inovatif dan berdaya saing.

Wakil Wali Kota Palu menyebutkan bahwa berdasarkan undang-undang no 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik, memberikan pengertian pelayanan publik yaitu kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan  kebutuhan pelayanan sesuai  dengan peraturan perundangundangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan atau pelayanan administratif yang disediakan penyelenggara pelayanan publik.

Fungsi pelayanan publik adalah salah satu fungsi fundamental yang harus diemban pemerintah baik di tingkat pusat maupun di daerah. Mengingat fungsi utama pemerintah adalah melayani masyarakat maka pemerintah perlu terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan demi terciptanya pelayanan prima kepada pengguna layanan publik tersebut.

Pelayanan publik pada tingkat pemerintah kelurahan merupakan ujung tombak dalam pelayanan pada  masyarakat, namun sayangnya pelayanan publik pada tingkat kelurahan banyak mendapat sorotan tajam dari pengguna jasa layanan yaitu masyarakat. Hal ini ungkap Reny disebabkan kurangnya kinerja dari aparat pemerintah kelurahan itu sendiri.

Pelayanan terpadu ini menyelenggarakan perizinan dan non perizinan, yang pengelolaanya dilakukan terpadu dalam satu tempat. Peran dan fungsi lain dari lembaga kelurahan adalah mendorong peran dan partisipasi masyarakat dengan mendorong dan memfasilitasi pemberdayaan melalui pembangunan dalam bentuk perbaikan mutu hidup dan perilaku yang mencakup aspek peningkatan kemampuan masyarakat, peningkatan partisipasi masyarakat.

Meningkatakan kagiatan ekonomi masyarakat dan meningkatakan kemampuan sumber daya manusia aparatur pemerintahan desa berbasis Iptek yang berfokus pada potensi dan sumber daya lokal. Akses pasar, dan terbuka pada ide-ide kreatif yang bermanfaat bagi kemajuan masyarakat, pengentasan kemiskinan, peningkatan pendapatan dengan menetapkan tujuan yang jelas dan pencapaian secara rasional.

Dalam upaya meningkatkan kreativitas di bidang inovasi, masyarakat perlu didorong untuk dapat menciptakan, merekayasa alat/produk yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pengembangan kreativitas dan kemampuan inovasi dari kelurahan dan masyarakat umum terbukti telah dapat menghasilkan berbagai produk  industri/rekayasa  yang cukup potensial, yang sangat berguna bagi kehidupan masyarakat.

Hal ini menjadi landasan dan kerangka kerja bagi kelurahan dan masyarakat agar secara mandiri maupun bersama mitra kerja untuk memahami pentingnya pendekatan sistem dalam menangani berbagai permasalahan yang dihadapi dengan melibatkan multipihak agar dihasilkan  kesinambungan. Kebijakan, pengelolaan sumber daya, pendanaan, dan tindakan strategis lainnya yang mendukung program inovasi di kelurahan. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *