DPRD Sulteng Usulkan Pemberhentian Kepala Daerah

Ayotau, Palu- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tengah telah menyetujui dalam rapat paripurna usulan pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah masa jabatan 2016-2021. Selanjutnya usulan itu akan disampaikan kepada Presiden.

Rapat yang gelar Selasa 18 Mei 2021, dipimpin Wakil Ketua DPRD Sulawesi Tengah HM Arus Abdul Karim dan didampingi Waket III Muharram Nurdin serta H Mulyono mewakili gubernur Sulawesi Tengah dan dihadiri Forkopimda.

Rapat yang digelar di Ruang Sidang Utama DPRD Sulawesi Tengah, juga dirangkaikan dengan penandatangan berita acara tentang usulan pemberhentian kepala daerah, yang sebelumnya dibacakan Sekretaris DPRD Sulawesi Tengah Hj Tuty Zarfiana.

DPRD Sulawesi Tengah memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Gubernur H Longki Djanggola dan Wakil Gubernur Dr H Rusli Baco Dg Palabbi atas kinerja dan kerja keras selama ini yang telah menjadikan Sulawesi Tengah jauh lebih baik sebagaimana visi Sulteng maju, mandir dan berdaya saing.

“Tugas berat dalam menjelaskan tugas mulia dan roda pemerintahan selama ini, semoga menjadi sumber kekuatan dan motivasi kepada kepala daerah selanjutnya yang terpilih tahun 2020 yakni H Rusdi Mastura sebagai gubernur dan Ma’mun Amir sebagai wakil gubernur,” kata Arus.

Pengumuman usulan pemberhentian gubernur dan wakil gubernur masa jabatan 2016-2021 sesuai surat keputusan Presiden RI Nomor 70/P Tahun 2016 tentang pengesahan pemberhentian gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah masa jabatan 2011-2016 dan pengesahan pengangkatan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah masa jabatan 2021 serta surat keputusan presiden RI nomor 66/P Tahun 2019 Tanggal 23 Juli 2019 tentang pengesahan pengangkatan wakil gubernur Sulawesi Tengah masa jabatan 2016-2021.

“Berdasarkan ketentuan pasal 60 UU nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan daerah, menyatakan bahwa masa jabatan kepala daerah adalah 5 tahun terhitung sejak pelantikan, oleh karena itu gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah periode 2016-2021 akan berakhir masa jabatannya pada 16 Juni 2021,” tutur ketua DPD Golkar Sulawesi Tengah itu.(win)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed