DPRD Sulteng Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan LHP BPK

AyoTau, Palu – Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Muharram Nurdin, menegaskan komitmennya untuk mengawal proses tindak lanjut terhadap catatan atau rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) semester Tahun Anggaran 2023.

“Sebagai lembaga yang memiliki kewenangan dalam pengawasan, DPRD Sulteng terus berupaya melakukan evaluasi terhadap tindak lanjut catatan atau rekomendasi BPK RI terhadap LHP LKPD semester Tahun Anggaran 2023 pada pemerintah daerah,” ungkapnya.

Proses pengawasan yang dilakukan oleh DPRD Sulteng ini, katanya, merupakan implementasi dari fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Rakyat Sulteng terhadap pengelolaan dan tanggung jawab keuangan daerah.

Wakil Ketua I DPRD Sulteng juga mengungkapkan bahwa dalam lima tahun terakhir, pemerintah Sulawesi Tengah telah berhasil meraih hasil pemeriksaan dari BPK-RI dengan kategori “wajar tanpa pengecualian”.

“Laporan hasil pemeriksaan ini menjadi pedoman bagi pemerintah daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota se-Sulawesi Tengah untuk melakukan perbaikan dan peningkatan kinerja guna mencapai prestasi yang lebih baik di masa mendatang,” tambahnya.

DPRD Sulteng sendiri menilai bahwa kinerja pemerintah Sulawesi Tengah selama ini telah memberikan hasil yang memuaskan.

“Kami berharap kinerja pemerintah Sulawesi Tengah dapat terus ditingkatkan untuk mewujudkan visi dan misi Pembangunan, yaitu mencapai Sulawesi Tengah yang lebih sejahtera dan maju,” tutup Muharram.

Komentar