Pemkot Palu Belajar Persampahan di Balikpapan

Ayotau, Palu – Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid didampingi Ketua TP-PKK Kota Palu, Diah Puspita, Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, serta rombongan melakukan kunjungan silaturahmi ke Pemerintah Kota Balikpapan, Selasa 08 Maret 2022.

Rombongan Wali Kota Palu diterima langsung oleh Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud di ruang pertemuan Kantor Wali Kota Balikpapan.

Di hadapan Wali Kota Balikpapan, Wali Kota Palu menyampaikan kedatangannya dalam rangka ingin belajar dari Pemerintah Kota Balikpapan berkaitan dengan pengelolaan lingkungan hingga persampahan.

“Kami ingin mendapatkan ‘sharing best practice’ dari Kota Balikpapan. Karena Kota Balikpapan merupakan salah satu kota terbersih yang diakui di Asia Tenggara,” ujarnya.

Ia ingin tahu seperti apa Kota Balikpapan mengelola lingkungan maupun persampahan sehingga kota ini hadir menjadi kota yang sangat ramah terhadap lingkungan.

Menurutnya, Pemerintah Kota Palu saat ini betul-betul terpacu untuk mewujudkan kebersihan, ketertiban, maupun kenyaman kota, karena beberapa tahun yang lalu, Kota Palu masuk dalam salah satu kota terjorok di Indonesia.

“Makanya salah satu konsen kami adalah bagaimana mengeluarkan Palu dari kelompok yang dimaksud sebagai salah satu kota terjorok. Olehnya, kami mendorong percepatan bagaimana penanganan lingkungan yang baik dan cepat. Mulai dari Go-Greennya sampai dengan penanganan sampahnya,” lanjutnya.

Wali Kota Hadi berharap pihaknya bisa mendapatkan pengalaman yang baik terkait dengan bagaimana Kota Balikpapan mengendalikan lingkungannya maupun persampahannya.

Ia menyadari Kota Balikpapan sebagai salah satu kota yang tidak terlalu besar namun kepadatan aktivitas produktivitas masyarakatnya yang cukup tinggi, pastinya menghasilkan beban lingkungan yang cukup berat dan beragam.

“Pastinya penanganannya cukup beragam dan pastinya efektif, sehingga bisa menjaga kestabilan lingkungan Balikpapan yang berjalan kurun waktu 10-15 tahun terakhir. Dimana Balikpapan tetap konsisten dengan keadaan lingkungan yang cukup tertib,” ungkapnya.

Ia juga meminta agar Pemerintah Kota Palu dapat berkunjung ke tempat pengelolaan akhir sampah untuk bisa melihat langsung, apalagi dalam kunjungan ini, ia membawa pihak DLH, beberapa camat, serta para Koordinator Kecamatan Adipura.

“Yang pastinya, kebersihan ini terwujud karena adanya sinergitas yang sangat baik terbangun antara Pemerintah dan masyarakatnya. Karena tanpa sinergitas, kerjasama, dan dukungan, pastinya upaya Pemerintah untuk menyukseskan programnya akan sulit tercapai,” tambahnya.(*)

Komentar