KPU Sulteng Sosialisasikan PKPU 10 Tahun 2023

AyoTau, Palu – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulteng menyosialisasikan
Peraturan KPU (PKPU) Nomor 10 Tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota pada Pemilu 2024 di Palu, Selasa, 2 Mei 2023.

Sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Sulteng, Nisbah, yang dihadiri para komisioner KPU lainnya, perwakilan Bawaslu, perwakilan partai politik, dan perwakilan pemerintah serta pihak media cetak/elektronik.

Nisbah menyampaikan, sosialisasi PKPU nomor 10 tahun 2023 merupakan salah satu tahapan dalam proses Pemilu yang harus dilaksanakan KPU.

“Sosialisasi ini sebagai diseminasi informasi bagi partai politik peserta Pemilu dan pihak terkait. Sehingga terjadi pemahaman yang sama, baik dari KPU, partai politik, maupun pihak terkait,” ucapnya.

“Sosialisasi ini sangat penting karena PKPU 10 Tahun 2023 menjadi pedoman bagi partai politik untuk pengajuan bakal calon legislatornya. Di antaranya, apa saja yang menjadi persyaratan dan dokumen persyaratan pengajuan bakal calon,” tambah Nisbah.

Telah diatur pengumuman pengajuan bakal calon dimulai 24-30 April 2023. Sementata pengajuan bakal calon telah dimulai pada 1-14 Mei 2023.

“Jadi pendaftaran hanya berlangsung sekitar dua minggu,” tutur Nisbah.

Selanjutnya verifikasi administrasi dokumen persyaratan bakal calon, pengajuan perbaikan dokumen persyaratan bakal calon, verifikasi administrasi perbaikan dokumen, penyusunan DCS, sampai dengan penetapan dan pengumuman DCT pada November 2023 mendatang.

Program dan jadwal kegiatan pencalonan ini sudah secara rinci disebutkan dalam PKPU. Nisbah berharap pihak parpol bisa memanfaatkan waktu yang telah ditentukan untuk mendaftar.

“Kita harap jangan nanti detik-detik akhir, biar kami tidak kewalahan,” tandasnya. (CHL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *