Konflik Tambang Emas Poboya, Wakil Ketua DPRD Desak Pemda Segera Bersikap

AyoTau, Palu – Wakil Ketua DPRD Kota Palu, Rizal Dg Sewang, meminta agar konflik antara warga dan perusahaan tambang di Kelurahan Poboya segera disikapi oleh pemerintah, khususnya pemerintah Kota Palu.

Rizal menilai, jika tidak ada sikap serta solusi kongkret dari pemerintah, dikhawatirkan permasalahan itu menjadi konflik berkepanjangan.

“Pemerintah daerah segera memberikan solusi terhadap persoalan tambang di Kelurahan Poboya. Itu bisa memicu bentrokan lebih besar lagi, jika tidak ditangani dengan cepat, dan bisa menelan korban jiwa,” kata Rizal, Kamis 27 Oktober 2022.

Ketua DPD PKS Kota Palu ini juga menyarankan pemerintah daerah lebih fokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat jika pemberian lahan untuk tambang rakyat tidak memperoleh titik temu.

Sebab, jika persoalan ini terus berlanjut, akan banyak pihak yang dirugikan khususnya masyarkat, bahkan tidak menutup kemungkinan dapat menimbulkan korban jiwa.

“Keluhan masyarakat yang diinformasikan kepada kami, hingga saat ini mereka tidak memilik pekerjaan. Bahkan ada diantaranya telah berhutang dengan sistem pembayaran setelah mendapatkan emas dari hasil menambang,” ungkap Rizal.

Ia menilai hal ini sangat sensistif. Karena masyarakat bisa melakukan tindakan yang agresif. Bahkan tidak segan mengorbankan diri demi menafkahi keluarga mereka. Olehnya ia meminta kepada Pemerintah Provinsi dan Kota, segera bertindak menyikapi permasalahan itu.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *