oleh

Kesbangpol Palu Telah Resmi Launching Aplikasi Pandemi Polpum

Ayotau, Palu- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palu, telah resmi melaunching aplikasi Pemantauan Deteksi Masalah Secara Dini (Pandemi) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kota Palu. Acara launching itu dilaksanakan di ruang rapat Bantaya kantor Walikota Palu, Jumat, 28 Januari 2022.

Dalam acara launching aplikasi itu, dihadiri oleh  Sekretaris Daerah Kota Palu Irmayanti Petalolo, selain juga tampak hadir Kepala BNN Kota Palu, AKBP Baharuddin dan  Kepala BKDSDMD Kota Palu, H. Abidin.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Palu, H. Ansyar Sutiadi mengungkapkan, ada beberapa point yang dipantau secara dini melalui aplikasi tersebut, diantaranya adalah pemantauan peredaran narkoba, kerawanan konflik sosial, dan pemantauan binaan kerukunan umat beragama, kemudian pembinaan Ideologi Pancasila, serta pembinaan Demokrasi.

“Aplikasi ini nantinya, dapat diakses melalui ponsel android, termasuk laptop, dan komputer, nantinya akan diberikan akun masing-masing kepada petugas yang kita akan tunjuk. Setelah dilaunching aplikasi ini, kami akan terus sempurnakan setiap saat, karena perkembangan teknologi ini sangat luar biasa kecepatanya,” katanya.

Kata Ansyar, aplikasi ini merupakan inovasi baru di Kesbangpol Kota Palu, yang bekerjasama dengan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Palu.

“Sasaran aplikasi ini tentunya akan menyasar masyarakat, sebab perkembangan terkini di masyarakat kita bisa ketahui secara dini atau cepat. Nantinya ada pelaporan soal beberapa indikator yang ada di dalam aplikasi tersebut, diantaranya masalah narkoba, kerawanan konflik sosial, pembinaan ideologi pancasila, kerukunan umat beragama, serta persoalan demokrasi,” ujarnya.

Ansyar mengatakan, semua itu akan diketahui sejak dini, sehingga dapat diantisipasi secara cepat sesuai tupoksi masing-masing.

“Kami juga nanti akan bekerjasama dengan Satgas K5 yang ada di Kelurahan, karena di dalamnya ada Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk menangani secara dini, agar persoalanya tidak meluas. Intinya bahwa aplikasi ini akan sangat membantu dalam hal mengatasi persoalan-persoalan di tengah masyarakat,” katanya.

Dengan adanya aplikasi ini, kata Ansyar, diharapkan situasi kamtibmas di wilayah Kota Palu, semakin kondusif, kerukunan umat beragama semakin baik. Kemudian pembinaan ideologi semakin meningkat. “Jadi ketertiban umum yang ada di masyarakat itu semakin baik, karena adanya aplikasi deteksi masalah secara dini,” pungkasnya. (MAD)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.