oleh

Faridah Lapor Perkembangan SP4N dan PPID

Ayotau, Palu- Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo) Provinsi Sulteng, Hj Faridah Lamarauna, menerima kunjungan kerja Tim Monev Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Palu, Senin 27 September 2021.

Kunjungan kerja Tim Kemendagri dalam rangka monev Sistem Pelayanan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) dan Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) di Sulteng.

Dalam kesempatan tersebut, Faridah didampingi pejabat dari Biro Organisasi dan Inspektorat. Faridah menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Tim Monitoring dan Evaluasi Kemendagri.

Kadis Kominfo melaporkan perkembangan SP4N dan PPID di Provinsi Sulawesi Tengah. Sejak 2017-2021 ada 99 laporan pengaduan yang masuk, diarsipkan sebanyak 56 laporan dan yang diproses sebanyak 43 laporan.

“Kabupaten yang memasukan laporan pengaduan itu baru enam kabupaten dan terdapat tujuh kabupaten yang belum menyampaikan laporan pengaduanya. Ini merupakan salah satu faktor menurunya laporan pengaduan di Provinsi Sulawesi Tengah,” ucap Faridah.

Faridah menerangkan dalam tahun ini, Diskominfo Provinsi Sulteng telah melakukan sosialisasi tentang SP4N Lapor dengan berberapa kabupaten/kota baik secara langsung maupun virtual. Demikian juga pembinaan PPID telah dilakukan Diskominfo Provinsi Sulteng.

Tim Monev Kemendagri, Andi Ernawati, menuturkan berdasarkan Monev terkait SP4N Lapor dan PPID Provinsi Sulawesi Tengah, hasilnya masih di bawah 60 % dan termasuk dalam kategori belum informatif.

“Kami menyarankan untuk kedepannya PPID dapat memiliki website sendiri, agar masyarakat dapat dengan mudah memperoleh layanan informasi,” ujar Ernawati.

Pertemuan turt dihadiri Analis Pengaduan Kemendagri, Perwakilan Inspektorat Bagus Prasetyo Analis SDM Aparatur, Armida Analis PP Biro Organisasi, Nuraini Arshy Analis Pemerintahan Biro Organisasi. (JT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.