oleh

Fairus: PPP Sulteng Tolak Kenaikan Harga BBM

Ayotau, Palu – Anggota Komisi IV DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng), Fairus Husen Maskati, Kamis 1 September 2022 menerima pengunjuk rasa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Palu yang menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang akan dilakukan pemerintah dalam waktu dekat ini.

Unjuk rasa (unras) HMI Cabang Palu berasal dari sejumlah komisariat yang ada di beberapa perguruan tinggi di Sulteng.

Setelah sempat melakukan negosiasi yang dijaga ketat aparat keamanan, pengunjuk rasa akhirnya diterima di Ruang Baruga DPRD Provinsi Sulteng.

Didampingi Kabag Ops Polresta Palu Kompol Alfian J Komaling, Fairus Husen Maskati yang juga Ketua DPW PPP Sulteng tersebut memulai pertemuan dengan memberikan kesempatan kepada beberapa perwakilan dari HMI Cabang Palu menyampaikan apa yang menjadi tuntutannya.

Tuntutannya adalah tegas menyatakan menolak kenaikan harga BBM, karena saat ini masih dalam pemulihan ekonomi.

“Kita tidak sedang baik-baik saja, kok berencana untuk menaikkan harga BBM bersubsidi hingga 30%. Hal ini justru akan semakin menyulitkan masyarakat,” kata Koordinator Aksi Demo, Rafiq.

Selain menolak kenaikan harga BBM, HMI juga meminta pemerintah untuk mencabut kebijakan terkait kenaikan tarif dasar listrik serta mendesak memberantas mafia migas dan pertambangan.

Sementara itu, Fairus Husen Maskati menyampaikan bahwa tuntutan mahasiswa akan disampaikan kepada Ketua DPRD Sulteng dan Komisi III yang membidangi masalah pembangunan dan yang terkait sumber daya alam, tambang dan sebagainya.

Fairus Husen juga menyampaikan bahwa atas nama pribadi, atas nama Ketua DPW PPP Sulteng, dan selaku anggota DPRD Provinsi Sulteng menyampaikan dengan tegas dan lantang bahwa akan menjadi garda terdepan bersama HMI Cabang Palu, serta masyarakat menolak naiknya harga BBM.

Karena menurutnya, hal itu sangat berdampak kepada kehidupan perekonomian masyarakat, khususnya bagi yang memiliki perekonomian menengah ke bawah.

Tak puas hanya sampai disitu, para aktivis HMI ini juga mendesak agar Fairus secara kelembagaan menyatakan sikapnya.

Namun Fairus mengungkapkan bahwa yang membidangi masalah ini adalah Komisi III, sehingga pendemo ini pun kemudian bertahan di gedung DPRD hingga pukul 16.00 Wita.

Akhirnya setelah melalui perdebatan yang cukup alot, dicarikan jalan Fairus Husen Maskati langsung menelepon Wakil Ketua Komisi III DPRD Sulteng Zainal Abidin Ishak terkait permintaan HMI Cabang Palu untuk bisa melakukan rapat dengar pendapat atau RDP bersama Komisi III.

Pada kesempatan itu, Zainal Abidin Ishak menyahutinya siap menerima HMI Cabang Palu untuk melakukan RDP terkait dengan isu rencana pemerintah menaikkan harga BBM pada Selasa (6/9/2022) pekan depan.

Mendengar hal itu, para pendemo kemudian menyatakan akan menagih janji tersebut dan kemudian kembali dengan tertib.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.