oleh

DPRD Sulteng Segera Rekomendasikan Pemekaran Kabupaten Kepulauan Togean

Ayotau, Palu – DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, khususnya Komisi 1 memberikan dukungan kepada Kabupaten Tojo Unauna untuk memekarkan wilayah Kepulauan Togean menjadi daerah otonom sendiri. Dukungan itu disampaikan saat Wakil Bupati Tojo Unauna bersama Ketua dan anggota DPRD Tojo Unauna melakukan audiens dengan DPRD Sulawesi Tengah, Selasa 6 September 2020.

Pertemun pemerintah dan DPRD Tojo Unauna itu dengan DPRD Sulawesi Tengah dipimpin Ketua Komisi I DPRD Sulawesi Tengah, Sri Indraningsih Lalusu. Dari pertemuan itu, secara garis besar DPRD Sulawesi Tengah menyetujui Daerah Otonomi Baru (DOB) Kepulauan Togean.

Meskipun secara lisan DOB Kepulauan Togean disetujui, namun DPRD Sulawesi Tengah belum mengeluarkan rekomendasinya. Namun, Sri Lalusu memberikan garansi, dalam waktu dekat DPRD Sulawesi Tengah akan menetapkan jadwal rapat paripurna pemberian rekomendasi DOB Kepulauan Togean.

“Komisi I meminta seluruh dokumen pendukung pemekaran dilengkapi. Jika sudah lengkap, serahkan ke komisi I, nanti kami akan agendakan paripurna rekomendasinya,” tutur Sri Lalusu.

Dukungan DOB kepulauan Togean juga secara gamblang disampaikan Yus Mangun. Bahkan Ketua Komisi 2 itu menjelaskan, hingga saat ini DPRD Sulawesi Tengah sudah melayangkan empat rekomendasi kepada pemerintah pusat yakni rekomendasi DOB Sulawesi Timur, DOB Kabupaten Moutong, DOB Kabupaten Tomini Raya dan DOB Kabupaten Tampolore.

“Jika DOB Kepulauan Togean disepekati dalam paripurna DPRD Sulawesi Tengah nanti, maka ini menjadi DOB kelima yang direkomendasikan DPRD Sulawesi Tengah,” tutur Yus Mangun.

Sementara itu, Wakil Bupati Tojo Unauna Ilham Lawidu, dihadapan legislator Sulawesi Tengah menegaskan, seluruh dokumen pendukung pemekaran Kepulauan Togean sudah lengkap. Bahkan gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura juga sudah menyatakan dukungannya.

Bukan dokumen pemekaran, Pemerintah Tojo Unauna juga menyiapkan dua mata anggaran untuk Kepulauan Togean, yakni anggaran persiapan pemekaran dan anggaran pemekarannya.

“Kami datang kesini bukan dengan tangan kosong, apalagi omong kosong. Semua dokumen dan kebutuhan anggaran Kepulauan Togean, kami sudah siapkan,” tutur Ilham.

Mendapat dukungan penuh dari anggota dewan, Ilham Lawidu menyampaikan terimakasihnya. Pemerintah Tojo Unauna akan hadir kembali ke DPRD Sulawesi Tengah untuk menghadiri paripurna penyampaian rekomendasi pemekaran Kabupaten Tojo Unauna.(win)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.