BKD: Pejabat Fungsional Masih Tupoksi Lama

Ayotau, Palu- Kepala Bidang Mutasi Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulteng, Prihadi Saputro, mengungkapkan pejabat fungsional yang sudah dilantik masih melaksanakan tupoksi (tugas pokok dan fungsi) sesuai jabatan lama sampai dengan Desember 2022.

“Nanti tahun 2023, akan melaksanakan tugas murni sebagai pejabat fungsional,” ungkapnya saat sosialisasi Permen PANRB Nomor 17 Tahun 2021 tentang Penyetaraan Jabatan di ruang rapat Kepala Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air (Cikasda) Provinsi Sulawesi Tengah, Selasa 19 Juli 2022.

Sosialisasi dibuka Plt Kepala Dinas Cikasda Provinsi Sulteng, Andy Ruli Djanggola, yang dihadiri oleh Pejabat Eselon 3 dan 4, Pejabat fungsional dan PPPK lingkup Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Sulawesi Tengah.

Pejabat fungsional kata Prihadi sebagai dampak kebijakan pemerintah pusat sehingga beberapa jabatan struktural beralih ke jabatan fungsional (inpassing). Sesuai Mandat Presiden Republik Indonesi (RI) tentang Penyederhanaan Birokrasi pada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, penyederhanaan birokasi berlaku secara nasional.

“Struktur gemuk tapi miskin outcome serta birokrasi yang panjang berpeluang korupsi, sehingga melalui Permenpan RB 17 tahun 2021 tentang Penyetaraan Jabatan sebagai wujud implemetasi penyederhanaan birokrasi di Pemprov Sulteng akan memacu percepatan sistem kerja yang mengedepankan kualifikasi dan kompetensi serta meningkatkan profesionalisme ASN,” tandas Prihadi.

Melalui sosialisasi ini juga diberikan informasi tentang keunggulan sebagai pejabat fungsional, dan tata cara peralihan ASN yang sebelumnya sebagai pelaksana sesuai Permen PANRB 41 tahun 2018 beralih ke Jabatan Fungsional.

Diharapkan setelah pelaksanaan sosialisasi Cikasda segera membuat pemetaan kebutuhan jabatan fungsional dan melakukan pengusulan peralihan. Sehingga kedepan Dinas Cikasda, dengan birokrasi yang dinamis dan professional akan menjadi yang terdepan dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. (JT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *