oleh

Adhi Karya Bangun Medical Center RS Anutapura Tahan Gempa

Ayotau, Palu – Setelah kurang lebih dua tahun menunggu pasca gempa bumi 28 September 2018, akhirnya gedung Anutapura Medical Center (AMC) RS Anutapura Palu dibangun kembali. Pembangunannya ditandai dengan ground breaking AMC RS Anutapura, Kamis 7 April 2022.

Peresmian dimulainya pembangunan AMC ini dilakukan serempak oleh Kasatgas Penanggulangan Becana Kementerian PUPR Ari Setiadi Murwanto, Wakil Wali Kota Palu dr Reny A Lamadjido, Kepala Balai Pemukiman dan Prasarana Wilayah (BPPW) Sulawesi Tengah Sahabuddin dan PM PT Adhy Karya (Persero) Tbk M Ardhani.

Kepala BPPW saat meberikan sambutannya menaruh harapan besar kepada PT Adhi Karya agar pembangunan AMC ini berjalan dengan lancar dan tepat waktu. Sesuai kontrak, PT Adhi Karya menyelesaikan proyek tersebut dalam waktu 540 hari.

“Pembangunan kembali AMC ini sudah rencakan sejak 2019 tapi sempat gagal. Setelah lebih dari dua tahun, baru bisa dimulai lagi pembangunannya,” ujar Sahabuddin.

Sementara itu Project Manager (PM) PT Adhi Karya, M Ardhani dalam kesempatan itu mengatakan, Gedung AMC yang akan dibangun ini sebelumnya telah ada. Namun akibat dampak gempa pada 28 September 2018 lalu, dibongkar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palu karena kondisi konstruksinya yang tidak layak lagi.

“Selanjutnya akan dibangun ulang dengan menggunakan system struktur anti gempa berteknologi lead rubber bearing (base isolator),” ujar Ardani.

Luas bangunan AMC ini 19.673 meter persegi, dengan jumlah 5 lantai. Nantinya AMC ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas teknologi serta sarana pendukung yang memadai, guna memenuhi dan memperlancar pelayanan kesehatan.

Dalam perencanaannya, jumlah ruangan kamar operasi sebanyak 4 unit, ruang rawat inap kelas 1 sebanyak 9 unit, kelas 2 sebanyak 8 unit, VIP sebanyak 16 unit, VVIP sebanyak 7 unit dan ruang isolasi pasien dilengkapi dengan penunjang Healing Garden, GWT,STP, Fire Water Tank, Power House dan Gdramp.

“Pembangunan gedung ini nantinya didesain dengan kriteria bangunan gedung hijau yang memenuhi level pratama sesuai dengan Peraturan Menteri PUPR No.21 tahun 2021,” jelasnya..

Pembangunan konstruksi fisik AMC RS Anutapura berakhir tanggal 25 Mei 2023 mendatang.

“Kami memohon doa restu dan dukungan agar dalam pelaksanaan konstruksi Gedung AMC, kami diberikan kemudahan, kelancaran, keamanan, kesehatan dan dapat menyelesaikan secara tepat biaya, mutu dan waktu,” harapnya.

Sementara itu Kasatgas Penanggulangan Bencana Kementeria PUPR Ari Setiadi Murwanto, mengapresiasi pembangunan kembali AMC RS Anutapura. Ini merupakan pembangunan kedua pasca bencana alam, setelah yang pertama flyover Pantoloan.

“AMC ini akan menjadi gedung hijau pertama yang dibangun di Kota Palu,” tuturnya.

Atas pembangunan kembali AMC tersebut, Wakil Wali Kota Palu dr Reny A Lamadjido menyampaikan terimkasih banyak kepada Kementerian PUPR, khususnya BPPW, karena membangun kembali AMC RS Anutapra.

dr Reny mengaku bangga dan terharu dengan dibangunnya gedung AMC tersebut, apalagi pembangunannya menggunakan teknologi tahan gempa, karena 95 persen desain bangunan sudah mengikuti persyaratan yang diharapkan Kementrian Kesehatan RI.

“Bangunan ini sudah ada, namun isinya belum ada. Tapi kita akan usahakan melalui APBD, termasuk peralatan operasi melalui dana DAK,” katanya.

“Saya berharap, pembangunan AMC ini tepat dan waktu, dan diresmikan diperiode kami,” harapnya.(win)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.