oleh

160 Ruas Jalan di Palu Belum Miliki Nama

Ayotau, Palu – Kepala Dinas Tata Ruang dan Pertanahan Kota Palu, Muhammad Rizal, ST.,M.Si menyampaikan bahwa saat ini ada sekira 160 ruas jalan di Kota Palu belum memiliki nama, termasuk di lokasi Hunian Tetap (Huntap) baik di Tondo maupun di Duyu.

Hal itu dikemukakan Muhammad Rizal saat mengikuti rapat tentang pengusulan nama – nama jalan di Kota Palu yang dipimpin Sekretaris Daerah Kota Palu, H. Asri, SH di ruang rapat Bantaya Kantor Wali Kota Palu, Selasa (2/11/2021).

Muhammad Rizal mengatakan, pengusulan nama jalan ini dikarenakan adanya ruas-ruas jalan yang belum ditetapkan penamaannya seperti di lokasi Hunian Tetap (Huntap) dan lainnya.

Menurutnya, penamaan jalan ini sangat penting karena menyangkut masalah administrasi keperdataan masyarakat, misalnya kepengurusan KTP, Kartu Keluarga, PBB dan lainnya.

“Setiap ruas jalan baru yang dibangun, itu harus ditetapkan nama jalannya. Agar masyarakat bisa memakai nama itu untuk identitasnya baik di KTP maupun dokumen kependudukan lainnya,” ujarnya.

Selain itu, hal lain yang mendesak sekaitan dengan penamaan jalan yaitu pemutakhiran data pemilih yang dilakukan oleh pihak KPU. Hal ini dikarenakan banyak penduduk Kota Palu sekarang berubah tempat tinggalnya.

“Semisal warga kita yang kini tinggal di Huntap. Huntap inikan banyak, tetapi di sanakan belum ada penamaan jalan. Makanya itu juga harus cepat diselesaikan,” ungkapnya.

Muhammad Rizal juga mengungkapkan bahwa usulan perbaikan nama-nama jalan juga ada, semisal nama jalan yang dianggap tidak ada nilai muatannya, sehingga akan diganti dengan nama yang bermuatan lokal.

Dia berkomitmen penamaan jalan ini ditargetkan akan selesai pertengahan tahun depan. “Lebih cepat lebih baik,” imbuhnya.

Rapat ini juga dihadiri Asisten II bidang Administrasi Perekonomian Setda Kota Palu, dr. Husaema, MM, serta undangan lainnyan.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.