oleh

Rapat Bamus Perdana 2022 Ingin Kerja DPRD Lebih Tertib

Ayotau, Palu – DPRD Provinsi Sulawesi Tengah mulai menyusun agenda kerja tahun 2022. Penyusunan agenda itu diatur dalam rapat perdana Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Sulawesi Tengah, Senin 24 Januari 2022.

Wakil Ketua DPRD Sulawesi Tengah, Zalzulmida A Djanggola memimpin jalannya rapat Banmus. Tahun 2022 ini, Zalzulmida menekankan agar agenda kerja anggota dewan sepanjang tahun 2022 lebih tertib dan terstruktur dengan baik, agar tidak ada waktu bagi anggota dewan berleha-leha.

Saat membuka rapat Banmus, Zalzulmida sedikit menunjukkan kekecewaannya kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Pasalnya, rapat yang sedianya mensingkronkan jadwal kerja eksekutif dan legislatif tersebut, justru pimpinan OPD hampir seluruhnya diwakili. Bahkan, Plt Kepala Bappeda Sulawesi Tengah, hanya diwakili oleh pejabat eselon IV.

Sepanjang rapat Banmus, selain membahas agenda rutin, sejumlah kegiatan lainnya juga turut disusun jadwalnya, termasuk rencana pelantikan Pengganti Antar Waktu (PAW) mantan anggota DPRD Sulawesi Tengah, almarhum Zainal Mahmud Daud. Pelantikan PAW dijadwalkan pada triwulan I tahun 2022 ini.

Begitupula dengan jadwal pemilihan kembali pimpinan Alat Kelengkapan DPRD (AKD). Dimana berdasarkan aturan perundang-undangan, pimpinan AKD dapat dipilih kembali setelah masa kerja 2,5 tahun. Jika meurujuk pelantikan anggota DPRD Sulawesi Tengah pada 29 September 2019, maka 2,5 tahunnya jatuh pada 25 Maret 2022.

Bukan hanya itu, Zalzulmida juga menyampaikan kepada Biro Hukum Sulawesi Tengah untuk membahas sejumlah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) pada awal tahun. Tidak lagi seperti pada tahun-tahun sebelumnya,, dimana pembahasan Raperda dilaksanakan pada injury time.

“Saya pesan kepada Biro Hukum agar pembahasan Raperda-raperda dilaksanakan di awal tahun,” ujar politisi Gerindra itu.

Dari rapat Bamus tersebut, juga membahas jadwal Forum OPD yang rencananya pada akhir Maret, Musrenbang pada minggu pertama dan kedua bulan April, penginputan pokok-pokok pikiran (Pokir) anggota dewan pada awal Februari sampai dengan awal April 2022.

“Segala rencana kerja yang sudah ditetapkan tersebut, saya berharap seluruhnya dilaksanakan sesuai jadwalnya agar tepat waktu,” harapnya.

Jajaran Sekretariat DPRD Sulteng hadir dalam formasi lengkap saat Rapat Banmud, Senin 24 Januari 2022. (Foto: Zainal/Humpro DPRD Sulteng

Sejumlah anggota Bamus yang hadir dalam rapat perdana itu yakni, Nur Dg Rahmatu, Ambo Dalle, Irianto Malinggong, Yahdi Basma, I Nyoman Slamet, Ronald Gulla, Marlelah Dg Sute, Fatimah Amin Lasawedi, Halima Ladoali dan Sri Atun.

jika OPD lainnya hanya diwakili, lain halnya dengan Sekretariat DPRD Sulawesi Tengah, dimana hadir dengan formasi lengkap mulai dari Sekwan Tuty Zarfiana, Kabag Persidangan Wahid Irawan, Kabag Umum dan Keuangan Sony dan Kabag Perundang-undangan Rahmawati, serta seluruh Kasubag.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.