oleh

Pemprov Sulteng-Pemkab Sigi Gelar Bazar Pangan Murah Kendalikan Inflasi

Ayotau, Sigi- Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Pemerintah Kabupaten Sigi menyelenggarakan Bazar Pangan Murah untuk mengendalikan inflasi.

Kegiatan dibuka oleh Bupati Sigi, Mohamad Irwan bertempat di lapangan bola Desa Kotapulu, Kecamatan Dolo, Selasa, 13 September 2022.

Dalam laporan Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Pangan Sulteng Huriah Fatimah, mengatakan Kegiatan dilaksanakan kegiatan digelar selama dua hari mulai 13 hingga 14 September 2022.

“Bazar pangan murah ini dalam rangka pengendalian inflasi di Sulawesi Tengah,” katanya.

Ada 18 distributor pangan yang dilibatkan dalam Bazar Pangan Murah tersebut dengan 9 komoditi strategis yang disediakan.

“Harga komoditas kebutuhan masyarakat di Bazar Pangan Murah ini jauh lebih murah dibanding yang dijual pedagang,” katanya.

Sementara Bupati Sigi, Mohamad Irwan menjelaskan, kegiatan bertemakan “Petani Sejahtera, Pedagang Untung, Konsumen Tersenyum” itu bertujuan untuk menyerap produk pertanian dengan harga yang layak dan menguntungkan petani khususnya bahan pangan pokok dan strategis.

Kemudian lanjutnya, mendukung stabilisasi pasokan dan harga pangan serta  memberikan akses masyarakat terhadap bahan pangan yang berkualitas dan dengan harga yang wajar.

“Ini adalah salah satu langkah pengendalian inflasi komoditi pangan,” ujarnya pada acara yang turut dihadiri Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Sigi Rahmat Iqbal, Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Sigi, Andi Aco dan sejumlah pejabat lainnya.

Bupati berharap pelaksanaan kegiatan bazar pangan murah dapat berperan dalam upaya mengatasi anjloknya  harga pada masa panen raya dan menjadi instrumen yang dilaksanakan secara bersama antara pemerintah dan masyarakat untuk menahan gejolak harga dalam situasi tertentu.

“Ini merupakan mekanisme yang berkelanjutan secara permanen sebagai stabilisator dalam menjaga pasokan dan harga pangan pokok dan strategis,” ujarnya.(**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.