Pansus Padagimo Berjuang Hingga Istana Wapres

Ayotau, Palu- Panitia Khusus Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong (Pansus Padagimo) segera menuntaskan masa kerjanya. Puncak kerja Pansus Padagimo sebelum memberikan rekomendasikan resmi dalam sidang paripurna, yakni bertemu langsung dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, yang merupak ketuam tim perecepatan pemulihan pasca bencana alam Padagimo 28 September 2020.

Ketua Pansus Padagimo, Budi Luhur Larengi kepada Ayotau.id di kantor DPRD Sulawesi Tengah mengatakan, ada tiga poin yang menjadi poin utama pertemuan dengan Wapres, yakni meminta perpanjangan Inpres 10 tahun 2018, meminta pelepasan lahan HGB 500 hektar kepada pemerintah provinsi Sulawesi Tengah, serta memohon penyelesaian seluruh pembangunan hunian tetap bagi penyintas korban bencana alam 2018 Padagimo.

“Pertemuan dengan Wapres nanti, Pansus Padagimo juga mendorong pemerintah pusat membantu pemulihan ekonomi masyarakat, khususnya penyintas. Walaupun penyintas sudah diberikan semua haknya, bila tidak didampingi pemulihan ekonominya khawatirnya akan menimbulkan masalah baru,” ujar Budi Luhur, Selasa 01 Desember 2020.

Saat ini Pansus sudah menyun laporan kerja setebal 200 halaman. Tebalnya laporan kerja tersebut karena Pansus Padagimo begitu aktif mengawasi jalannya rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa bumi, tsunami dan likuifaksi di Padagimo. Seluruh daerah terdampak sudah disambangi Pansus Padagimo.

Karena itu, pertemuan dengan Wapres Jumat 4 Desember 2020 Pansus Padagimo akan menyampaikan seluruh temuan yang didapati Pansus selama melaksanakan tugasnya sedari awal tahun 2020. Budi Luhur berharap, pertemuan dengan Wapres mempercepat proses rehab rekon di Padagimo, mengingat 2021 memasuki tahun pemulihan ekonomi.

“Informasi dari Kantor Staf Presiden (KSP), Pansus Padagimo diterima pada 4 Desember 2020,” kata Budi Luhur.

Dia mengatakan, setelah seluruh rangkaian kerja-kerja pansus selesai, selanjutnya melaporkan hasil kerja Pansus dan memberikan rekomendasi kepada pihak-pihak terkait.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed