KPU Sigi Gelar Simulasi Pemungutan Suara Dengan Prokes

Ayotau, Sigi – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pilkada serentak 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Kegiatan dihelat di Lapangan Bola Dayosawi, Desa Kotarindau, Kecamatan Dolo, Selasa, 1 Desember 2020.

Komisioner KPU Sigi, Anhar Lasingki mengatakan proses pemungutan suara pada pilkada tahun ini hampir sama dengan periode sebelumnya, yang membedakan seluruh petugas hingga pemilih wajib menerapkan prokes.

“Kami ingin memberikan pemahaman kepada pemilih dan jajaran penyelenggara kami di bawah, utamanya petugas di TPS untuk memastikan seluruh jajaran kami memahami alur dan mekanisme pemilihan yang akan dilakukan,” katanya.

Dijelaskan, setiap pemilih sebelum masuk TPS akan di cek suhu tubuh dan diperintahkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dan diberikan sarung tangan plastik sekali pakai, pemilih yang tidak menggunakan masker akan diberikan masker serta penggunaan tinta dengan cara diteteskan.

“Kita juga menyediakan bilik khusus bagi pemilih yang suhu tubuhnya lebih dari 37 derajat celcius,” ujarnya.

Kemudian, sebelum dipanggil petugas, para pemilih menunggu dengan menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak.

Ia menambahkan, setiap satu jam petugas akan menyemprotkan disinfektan di area tempat pemungutan suara.

“Untuk menstrilkan lokasi TPS, sebelum kegiatan dimulai terlebih dahulu akan disemprot disinfektan, kemudian setiap satu jam kembali disemprot,” ungkapnya.

Meski ditengah pandemi saat ini, ia berharap masyarakat untuk tetap antusias memberikan hak pilihnya dibilik suara pada 9 Desember mendatang, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Saya berharap agar protokol kesehatan diperketat, sehingga tidak mengakibatkan klaster baru,” tutupnya.

Pilkada 2020 di Kabupaten Sigi diikuti oleh dua pasangan calon bupati dan wakil bupati, yakni nomor urut 1 Mohamad Irwan-Samuel Y Pongi yang diusung Partai Golkar, PDIP, Demokrat, PBB dan PKB. Kemudian nomor urut 2 Husen Habibu-Pailina yang diusung Partai Nasdem, Gerindra, PKS dan PKPI.(as)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed