oleh

Kakanwil Turun Tangan, Lapas Parimo Kondusif

  • Lilik: Kita Akan Tindak Tegas Petugas Yang Terbukti Salah

Ayotau, Parimo- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, kini telah kondusif pasca kericuhan pada Kamis 7 Oktober 2021.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Lilil Sujandi, turung langsung menenangkan warga binaan ke Lapas Parimo. Ia mengambil alih kepemimpinan di Lapas Parimo. Hasilnya Lapas Parimo telah kondusif.

Diketahui, kericuhan yang terjadi di Lapas diduga diakibatkan tindakan salah satu oknum Petugas Pemasyarakatan terhadap Warga Binaan atau napi sehingga menyulut kemarahan Warga Binaan hingga berujung kericuhan.

Kakanwil memastikan terhadap petugas yang terbukti bersalah akan ditindak tegas.

“Pertama, saya pastikan situasi dan kondisi disini akan aman, para warga binaan sudah menyampaikan komitmennya, mulai malam ini mereka akan berprilaku bijak, dalam artian tertib dan teratur. Dari hasil evaluasi, beberapa pegawai yang terbukti melakukan perilaku yang tidak semestinya sebagai petugas terhadap warga binaan akan dilakukan pemeriksaan oleh penyidik,” ucap Lilik, Jumat 8 Oktober 2021.

Lilik menyampaikan petugas yang bersangkutan telah dimutasikan sementara ke kantor wilayah. Ini dilakukan sambil menunggu hasil pemeriksaan.

“Nantinya dalam proses pemeriksaan dilaksanakan secara transparan. Apapun hasilnya, jika terbukti bersalah, akan ditindak sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku,” tegas Lilik.

Lilik menambahkan akan melakukan evaluasi dan perbaikan, terutama perbaikan layanan – layanan yang perlu dioptimalkan dalam rangka untuk menjaga kehormatan hak asasi warga binaan di dalam Lapas maupun Rutan. (JT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.