Dukung GPM, BI Sulteng Beri Subsidi Ongkos Angkut Komoditas

AyoTau, Palu – Bank Indonesia melalui Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Sulawesi Tengah senantiasa mendukung program Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di Provinsi Sulawesi Tengah, dalam rangka stabilisasi harga pangan di pasar.

Itu tercermin pada sejumlah dukungan dalam beberapa kegiatan pasar murah yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah di beberapa wilayah di Provinsi Sulawesi Tengah.  

Yang terbaru, dukungan diberikan pada kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) yang serentak dilaksanakan di 300 titik seluruh Indonesia, termasuk di 2 titik di Provinsi Sulawesi Tengah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan Pemerintah Kota Palu dengan pada tanggal 26 Juni 2023.

“Kegiatan pasar murah sangat penting dalam mengendalikan inflasi, khususnya dalam menjaga keterjangkauan harga dan memastikan ketersediaan pasokan,” ujar Kepala Perwakilan BI Sulteng, Dwiyanto Cahyo Sumirat, kepada sejumlah media di lokasi GPM, Senin 26 Juni 2023.

Pasar murah pada GPM serantak nasional kali ini dilaksanakan dalam rangka pengendalian harga jelang perayaan Idul Adha.
KPwBI Provinsi Sulawesi Tengah mendukung penuh kegiatan ini melalui bantuan perlengkapan kegiatan dan subsidi ongkos angkut komoditas yang diperdagangkan.
Komoditas yang diperdagangkan dalam GPM ini yaitu diantaranya beras, cabai merah, cabai rawit, dan telur ayam yang didatangkan secara langsung dari sejumlah produsen di Sulawesi Tengah.

Kegiatan GPM yang dilaksanakan di kota Palu ini mendapatkan antusiasme cukup tinggi dari masyarakat.

Hal ini terlihat dari ramainya masyarakat yang mengunjungi dan berbelanja pada booth yang tersedia di area GPM.

Adapun baik Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah maupun Pemerintah Kota Palu melalui dinas terkait memberikan apresiasi kepada Bank Indonesia yang telah memberikan dukungan sehingga pelaksanaan kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik.

Dukungan serupa juga telah dilakukan oleh Bank Indonesia terutama menjelang HBKN (Hari Besar Keagamaan Nasional) bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat, seperti saat jelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2023.

Masih dalam rangka menyambut Idul Adha, KPwBI Provinsi Sulteng juga akan memberikan dukungan dalam pelaksanaan pasar murah yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2023 di Kota Tolitoli.

Saat ditemui wartawan, Kepala Perwakilan BI Sulteng menyerukan agar intensitas kolaborasi kegiatan operasi pasar dan pasar murah dapat ditingkatkan khususnya di kota-kota penghitung inflasi.

“Inflasi perlu dijaga oleh semua pihak melalui kolaborasi nyata. Inflasi yang terkendali adalah kunci penurunan tingkat kemiskinan dan pendorong ekonomi Sulteng,” tekannya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *