oleh

DPB Kota Palu Ketambahan 82 Orang Dari MAN 2 Palu

Ayotau, Palu – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, Rabu 30 Maret 2022 menggelar rapat koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) bersama stakeholders, sekaligus sosialisasi penggunaan aplikasi PDPB mobile. Dihadiri oleh Bawaslu Kota Palu, Kesbangpol, Polres Palu, KODIM 1306 Palu, Disdukcapil dan beberapa perwakilan partai politik tingkat kota palu.

Pada rakor tersebut, KPU Kota Palu merekapitulasi hasil PDPB bulan Maret 2022 dengan rincian pemilih laki-laki 123.477, perempuan 128.251 dengan total pemilih 251.728. Hasil ini terjadi kenaikan dari bulan sebelumnya. Kenaikan ini karena adanya ketambahan 85 pemilih baru dari Sekolah MAN 2 Palu, serta terdapat pula pengurangan 36 pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan sosialisasi tatacara penggunaan aplikasi bantuan PDPB Mobile untuk membantu masyarakat dalam memberikan masukan berupa pemilih baru, pemilih TMS, dan Ubah data.

Penyampaian tatacara penggunaan aplikasi berisi tentang langkah-langkah sebagai berikut ; (1) Download melalui Playstore dengan mengetik LINDUNGIHAKMU(2) setelah itu silahkan pilih menu rekapitulasi, menu pemilih baru dan pemilih tms (3) pilihan menu lain cek data pemilih kamu masukkan Kota Palu untuk memilih benar ini saya atau menu ubah data

“Dalam aplikasi ini masyarakat sangat mudah memeriksa rekapitulasi data nasional, provinsi dan kabupaten/kota yang dibutuhkan. Tujuan lain hadirnya aplikasi ini adalah memberikan kepastian lebih cepat dan tepat atas perlindungan hak pilih setiap warga Kota Palu,” kata komisioner KPU Kota Palu, Idrus, dalam siaran persnya.

Juga aplikasi ini adalah bentuk pelaksanaan tugas dari KPU Kota Palu untuk memberikan pelayanan publik yang cepat dan berkepastian serta mudah dijangkau.

Peserta rakor memberikan apresiasi serta juga masukan kepada KPU Kota Palu untuk dilaporkan ke jenjang yang lebih tinggi, misalnya partai politik meminta diberikan akses username dan parpor agar dapat mengakses by name dan by addres data pemilih secara langsung. Atas masukan ini KPU Kota Palu akan menindaklanjuti sebagai laporan kepada KPU secara berjenjang.

Diakhir acara rakor KPU Kota Palu menandatangi Berita Acara (BA) yang telah disetujui oleh lima komisioner beserta lampiran rekapitulasi dan nama-nama pemilih berdasarkan nomor TPSnya. BA ini diserahkan langsung oleh KPU Palu kepada masing-masing perwakilan Stakeholders yang hadir.

Sekali lagi KPU menghimbau kepada peserta yang hadir dapat berpartisipasi untuk menyebarluaskan penggunaan aplikasi ini dengan unduh melalui Playstore dan ketik LINDUNGIHAKMU dan silahkan dipergunakan secara terbuka oleh semua masyarakat Kota Palu pada Khususnya.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.