oleh

Bupati Sigi Harap Masyarakat Adat Terus Berperan Dalam Pembangunan

Ayotau, Sigi- Bupati Sigi, Mohamad Irwan mengharapkan peran seluruh lembaga adat di diwilayah itu untuk turut serta membantu pemerintah melaksanakan berbagai program pembangunan.

“Diharapkan para tokoh adat di Kabupaten Sigi untuk bersama-sama membangun daerah ini,” ujar Bupati Irwan saat menghadiri rapat koordinasi Masyarakat Adat Kabupaten Sigi tahun 2022, bertempat di aula Dinas Pariwisata Sigi, Desa Bora, Kecamatan Sigi Kota, Selasa, 13 September 2022.

Ia juga berharap keberadaan lembaga adat sebagai media silaturahmi, menjadi media religi, media komunikasi, bukan menjadi media politik.

“Diharapkan terbangunnya komitmen lembaga keadatan secara proporsional dengan pemerintah daerah serta tersusunnya strategi maupun rekomendasi penguatan kapasitas lembaga keadatan sampai kepada percepatan perlindungan masyarakat adat,” imbuhnya.

Penyelenggaraan rakor Tokoh Masyarakat Adat Kabupaten Sigi tidak terlepas dari peran serta pemerintah daerah guna mendorong, serta menggerakkan partisipasi masyarakat melalui peran lembaga adat yang ada di Kabupaten Sigi.

Lanjutnya, perhatian khusus tersebut diberikan oleh pemerintah daerah dengan telah melakukan upaya pemberdayaan, pelestarian, serta pengembangan adat istiadat dan masyarakat adat.

“Wujud perhatian pemerintah itu antara lain dengan diselenggarakannya rapat koordinasi hari ini guna memajukan sekaligus menyamakan persepsi antara lembaga adat dengan pemerintah daerah untuk membangun Kabupaten Sigi yang berdaya saing berbasis agribisnis,” jelasnya.(**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.