Alimuddin: Bukan Hanya Membaca, Budaya Menulis Juga Ditingkatkan

AyoTau, Palu – Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (PD-IPI) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Selasa 27 Desember 2022 dikukuhkan, di Hotal Jazz Palu.

Ketua Umum IPI, T. Syamsul Bahri, meminta pengurus daerah mengembangkan inovasi dan profesionalisme supaya pustakawan tetap survive (bertahan) diera disruptif.

“Agar kita tidak dikalahkan teknologi maka Kita harus meningkatkan kompetensi pustakawan,” saran Syamsul, supaya profesi pustakawan tidak ditenggelamkan kemajuan teknologi.

Sementra itu, Ketua PD-IPI Sulteng periode 2022-2025, Dr Alimudin Paada, mengatakan kebutuhan masyarakat terhadap buku bacaan tetap tinggi, utamanya di daerah-daerah pelosok yang belum memiliki sarana telekomunikasi memadai.

“Buku masih dibutuhkan walau sekarang era android dan juga menjadi tantangan Kita bagaimana mendorong orang menulis buku,” tandasnya.

Lanjutnya, selain budaya membaca, budaya menulis juga harus ditanamkan untuk merawat peradaban.

PD-IPI Sulteng diharapkan  menjadi wadah pergerakan para pustakawan dalam berkomunikasi, berprestasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak, utamanya sebagai mitra pemerintah daerah sehingga dapat meningkatkan kualitas perpustakaan serta minat baca masyarakat.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *