Sulteng Akan Kirim Puluhan Perawat ke Jepang

Ayotau, Palu- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulawesi Tengah akan menfasilitasi masyarakat untuk bekerja di Jepang. Kepala Disnakertrans Provinsi Sulteng, Arnold Firdaus, mengungkapkan kualifikasi tenaga kerja yang dikirim ke Jepang yaitu perawat.

“Kita fokus ke perawat karena di Jepang butuh sekali. Kita sudah melakukan perekrutan di beberapa kabupaten, salah satunya Banggai Kepulauan (Bangkep). Tapi di Bangkep hanya enam orang perawat yang lolos,” ungkap Arnold, Kamis 8 September 2022.

Dia menyebut perekrutan dilakukan oleh lembaga swasta yang telah menjadi mitra pemerintah dalam menyiapkan tenaga kerja ke Jepang. Disnakertrans Provinsi Sulteng menarget bisa mengirim 30 perawat.

“Nanti mereka dengan status sebagai tenaga kerja, jadi bukan magang. Kalau magang gaji hanya sekitar Rp15 juta, sementara kalau kerja bisa Rp23 sampai Rp28 juta perbulan,” ucap Arnold.

Arnold mengatakan perekrutan perawat juga dilakukan ke wilayah Kabupaten Banggai. Selanjutnya, perekrutan serupa ke beberapa wilayah, termasuk di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah.

“Perekrutan terus berjalan, nanti yang Kota Palu bisa bersamaan dengan wilayah berdekatan seperti Sigi dan Donggala,” ujarnya.

Kepala Disnakertrans Provinsi Sulteng menambahkan tenaga kerja perawat direncanakan berangkat ke Jepang awal 2023 mendatang. Nantinya para perawat tersebut akan bekerja di beberapa rumah sakit dan sebagaian sebagai perawat lansia.

“Yang atur penempatan lembaga perekrut karena mereka sudah punya channel di sana (Jepang),” pungkas Arnold.

Sebelumnya, Disnakertrans Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan seleksi penerimaan peserta pelatihan persiapan magang ke Jepang. Pelatihan ini terkait bahasa dan budaya Jepang.

“Pelatihan persiapan magang ke Jepang kami laksanakan tanpa memungut biaya (gratis),” terang Kepala Disnakertrans Provinsi Sulteng, Arnold Firdaus, Minggu 19 Juni 2022.

Dalam pelatihan tersebut, Disnakertrans Provinsi Sulteng membuka kuota terbatas untuk 50 peserta saja. Pendaftaran saat itu dilakukan secara online melalui link https://forms.gle/PJwKhP4QcK6gVjkd6. (JT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *