Sriadijaya: Pustakawan Merupakan Profesi Penting

Ayotau, Palu- Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Kadispusaka) Provinsi Sulteng, I Nyoman Sriadijaya, menyebut profesi pustakawan merupakan profesi yang penting untuk untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan menciptakan masyarakat pembelajar sepanjang hayat.

“Untuk mengemban tugas tersebut maka Pustakawan dan Tenaga Perpustakaan perlu memiliki kompetensi dan keterampilan yang harus selalu disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat,” ujar Kadispusaka saat Sosialisasi Penyusunan Data dan Informasi Perpustakaan, Tenaga Perpustakaan dan Pustakawan se-Provinsi Sulawesi Tengah, Kamis 6 Oktober 2022.

Kata Nyoman, pustakawan juga selalu dituntut meningkatkan keterampilannya dibidang teknologi informasi dan komunikasi menyesuaikan perkembangan zaman yang begitu pesat.

“Pustakawan bukan hanya bersifat proaktif dalam memberikan layanannya kepada masyarakat yang membutuhkan tetapi¬† dengan fenomena teknologi informasi komunikasi (TIK) dan maraknya media sosial maka pustakawan harus mampu melahirkan inovasi baru dan selalu berinterkasi aktif dengan masyarakat,” ucap Nyoman.

Oleh sebab itu, pustakawan yang belum memiliki kemampuan meningkatkan Teknologi informasi bisa bekerjasama  sekalipun pejabat Fungsional mandiri bukan berati lepas dari kerjasama tim.

Adapun Pustakawan secara definitif adalah pejabat dan tenaga kepustakawanan adalah aparatur sipil negara (ASN) atau PTT yg dibiayai Pemerintah Daerah yang telah ditingkatkan kompetensinya.

Kemudian diberikan pengalaman lewat magang pendidikan dan pelatihan sehingga bisa menjadi pendamping serta bekerjasama. Pustakawan yang telah berpengalaman dapat menyalurkan ide-ide menjadi motor penggerak dan mengorganisir sumber daya perpustakaan yang ada dilingkungannya.

Selanjutnya bisa menginventarisir kebutuhan Pustakawan dan Tenaga Perpustakaan serta memberikan inovasi untuk bisa dituangkan dalam bentuk informasi secara digital kepada pengguna Perpustakaan. (JT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *