SD Inpres 5 Birobuli Gelar Ujian Semester Secara Tatap Muka

Ayotau, Palu- SD Inpres 5 Birobuli menggelar ujian semester ganjil secara tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Kepala SD Inpres 5 Birobuli, Dutri mengatakan, ujian semester tatap muka dilaksanakan khusus untuk siswa yang duduk di kelas 1, sementara kelas 2-6 dilaksanakan secara offline dimana guru kelas mengirimkan soal ujian melalui grup whatsapp, kemudian dikerjakan oleh murid di rumah masing-masing.

“Ujian semester tatap muka diwajibkan mematuhi Prokes Covid-19 seperti mencuci tangan menggunakan sabun sebelum masuk kelas, memakain masker, dan menjaga jarak. Selain itu siswa yang mengikuti ujian tatap muka dijadwalkan masuk ruang kelas secara bergantian atau bertahap untuk menghindari kerumunan di sekolah,” kata Dutri, di Palu, belum lama ini.

“Dalam satu kelas ada sekitar 10 siswa mengikuti ujian tatap muka tersebut. Bahkan mereka duduk diatur jarak, antara murid dan guru tidak bersentuhan. Orang tua yang mengantar juga diminta untuk tidak berkerumun,” jelasnya.

Dutri menegaskan kembali, ujian semester tatap muka hanya dikhususkan bagi siswa kelas 1 dengan tujuan agar guru kelas mengetahui kemajuan pembelajaran peserta didik, selama satu semester yang dilaksanakan secara daring, apakah sudah bisa membaca, berhitung, dan menulis.

“Kami beharap guru bisa menyusun program pembelajaran disemester berikutnya, dan memberikan perhatian lebih kepada peserta didik yang dianggap belum menunjukan kemajuan dalam hal membaca, berhitung dan menulis, ” ujarnya.

Menurut Dutri, dewan guru diwajibkan memberikan contoh dan keteladanan yang baik kepada anak didiknya, seperti mematuhi prokes.

“Sebelum ujian tatap muka dilaksanakan, pihak sekolah terlebih dahulu melakukan rapat dengan semua dewan guru untuk membahas terkait seluruh kesiapan yang dibutuhkan saat ujian, mulai dari fasilitas tempat mencuci tangan, hingga ruang kelas yang akan digunakan,” katanya.

“Sementara itu untuk kesiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka sekolah kami sudah siap sejak jauh-jauh hari. Dokumen juga sudah diperiksa oleh tim dan semuanya memenuhi syarat. Kami juga sudah melakukan MoU dengan puskesmas terkait protokol Kesehatan covid-19,” p ungkasnya. (AH)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed