KPU Sigi Wajibkan Lokasi TPS Disemprot Disinfektan

Ayotau, Sigi – Langkah mencegah penyebaran Covid-19 di lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 9 Desembar 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mewajibkan TPS untuk disemprot disinfektan.

“Penyemprotan disinfektan akan dilakukan secara berkala di lokasi TPS oleh petugas di TPS,” kata Komisioner KPU Sulteng Divisi Teknis, Samsul Gafur pada sosialisasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang pemungutan suara dan perhitungan suara di Sigi, Jumat, 4 Desember 2020.

Samsul menjelaskan, KPU menyiapkan sejumlah perlengkapan di TPS guna menghindari penyebaran Covid-19. Seperti tempat cuci tangan, tempat sampah untuk membuang sarung tangan plastik sekali pakai dan bilik khusus bagi pemilih yang suhu tubuhnya di atas 37, derajat celcius.

“KPU sangat komitmen untuk menerapkan protokol kesehatan ya g ketat, mulai dari pemungutan suara, rekapitulasi secara berjenjang sampai kami menetapkan calon terpilih,” tandasnya.

Usai memberikan hak pilihnya, pemilih juga diharapkan untuk tidak berada dilokasi TPS atau dianjurkan untuk segera pulang, agar tidak terjadi kerumunan.

“Petugas TPS juga harus mengarahkan pemilih yang sudah melakukan pencoblosan untuk meninggalkan TPS agar tidak terjadi kerumunan. Kita sangat tidak ingin ada klaster baru di TPS,” ujarnya.

Selain itu, Ia juga mengingatkan pemilih agar tidak mendokumentasikan hak pilihnya di Pilkada 2020 dalam bilik suara.

“Pemilih dilarang mendokumentasikan hak pilihnya di bilik suara,” kata Samsul.

Menurutnya penyaluran suara bersifat rahasia dan tidak boleh dipublikasikan.

“Karena ini adalah rahasia. Jangan sampai ada yang membawa kamera atau hand phone yang dilen gkapi kamera.(as)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed