oleh

Pemkab Sigi Terima Banih Padi dari Kementan

ELSINDO, SIGI– Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muh. Basir.SE.,MP menghadiri kegaiatan penyerahan benih padi hasil kerjasama Direktorat Perbenihan Ditjen TP Dengan Badan Litbang Pertanian Tahun 2021 Oleh Staf Khusus Menteri Pertanian Kepada Gapoktan Mekar jaya dan Sinar Tani Kecamatan gumbasa bertempat di Aula BPTP Pertanian Provinsi Sulawesi Tengah Desa Maku. Kecamatan Dolo. Jumat, 23 September 2022.

Sekretaris Daerah kabupaten Sigi dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada direktorat pembenihan Ditjen TP dengan Badan Litbang pertanian karena Kabupaten Sigi sangat membutuhkan bantuan di bidang pertanian.

Sebelum bencana pada tanggal 28 September 2018 silam Pemerintah Daerah Kabupaten sigi telah melakukan berbagai macam langkah bersama dengan BPTP Provinsi Sulawesi Tengah untuk peningkatan mutu pertanian dan pengembangan di sektor pertanian.

Namun namun pasca gempa tersebut hampir seluruh lahan pertanian rusak akibat bencana tersebut dan saat ini pemerintah daerah bersama pemerintah pusat telah melakukan langkah-langkah perbaikan sarana dan prasarana pertanian di wilayah Kabupaten Sigi seperti perbaikan irigasi gumbasa yang sangat penting bagi pengairan di lahan lahan pertanian masyarakat.

Kabupaten Sigi saat ini juga memiliki beberapa komoditas antara lain kopi yang berada di beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten Sigi seperti Kecamatan Kulawi, Palolo, Pipikoro dan Kecamatan Marawola Barat dan bukan hanya itu, Kabupaten Sigi kaya akan tumbuhan hias yaitu tumbuhan anggrek yang saat ini Pusat penangkaran tersebut berada di Kecamatan Palolo.

Untuk itu semoga ke depan kementerian bisa melihat beberapa potensi-potensi yang ada di wilayah Kabupaten Sigi untuk dikembangkan sebagai nilai tambah baik dari penghasilan ekonomi masyarakat dan pelestarian keanekaragaman yang ada di wilayah atau habitat anggrek yang berada di Kabupaten Sigi.

Semoga dengan adanya bantuan benih padi ini bisa menambah nilai produksi para petani di wilayah kabupaten Sigi sendiri.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Pusat penelitian dan pengembangan Holtikultura,Staf Balai Penelitian Tanaman hias, Perwakilan dinas Distanhorbun kabupaten Sigi,para penyuluh pertanian dan para mahasiswa.(**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.