oleh

Kunjungi Umat Hindu, Hadianto Ajak Tingkatkan Rasa Persaudaraan

Ayotau, Palu- Wali Kota Palu Hadianto Rasyid menyempatkan diri mengunjungi umat Hindu yang tengah bersembahyang di pura Agung Wanakertha Jagadnatha Palu, Sabtu 13 Maret 2021.

Dalam kesempatan itu wali kota berpesan sejumlah hal kepada umat Hindu yang hadir. Hari raya Nyepi bagi umat Hindu kata dia merupakan momentun untuk menenangkan diri dalam menggapai ketentraman jiwa.

“Nyepi adalah sesungguhnya melatih untuk menenangkan diri menentramkan jiwa. Rasa ketenangan dapat dicapai manakala kita betul-betul menunjukkan diri sebaik-baiknya. Ketika kita baik maka kita akan mendapatkan ketenangan,”kata wali kota dalam sambutannya.

Hadianto dalam kesempatan itu mengapresiasi upaya umat Hindu yang senantiasa menjaga kebersihan pura dan penataan pura yang apik. Hal itu menurutnya juga adalah bentuk partisipasi umat Hindu dalam upaya bersama untuk menjaga kebersihan kota.

“Mari bersama kita indahkan Kota jadikan sebagai kota bersih,”harapnya.

Menurutnya apa yang akan dicapai pada hari ini sedapat mungkin bisa lebih baik dari hari kemarin. Dan hari esok lebih baik dari hari ini.

Untuk bisa menggapai hal itu, maka dibutuhkan kerjasama dari semua pihak. Salahsatu syarat yang harus dipenuhi adalah kerja sama yang baik. Dan untuk membangun kerjasama yang baik dibutuhkan kesepahaman yang baik.

Kesepahaman yang baik menurutnya adalah ketika semua orang merasa memiliki Kota Palu. Merasa bertanggung jawab terhadap kota ini serta merasa bahwa semua orang adalah saudara.

“Tidak boleh membedakan apa dan siapa. Kita harus melihat bahwa semua kita adalah sama. Yang membedakan hanya forsi tugas dan tanggung jawab. Jika terjadi kesepahaman yang sama maka yang terjadi adalah terciptanya toleransi.

Wali kota pun mengajak semua umat untuk meningkatkan rasa persaudaraan antara sesama.

“Saya berusaha untuk tidak membeda-bedakan. Dan akan memberi perhatian sebaik-baiknya bagi kita semua,”pungkasnya.

Kunjungan wali kota ini saat umat Hindu di Kota Palu melaksanakan puncak persembahyangan dalam menyambut upacara Nyepi pada Minggu 14 Maret 2021. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.