Ketua DPRD Sulteng Apresiasi FKUB Dampingi Umat Wujudkan Pemilu Damai

AyoTau, Palu – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulteng, Nilam Sari Lawira, mengapresiasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulteng atas upayanya dalam mendampingi umat beragama untuk menjaga kelancaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan damai.

Nilam Sari Lawira menyatakan bahwa deklarasi pemilu damai yang dilakukan oleh FKUB Sulteng membutuhkan kerja sama dan komitmen dari semua pihak yang terlibat dalam deklarasi tersebut.

Ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua tahapan Pemilu 2024 berjalan dengan aman dan damai, tanpa konflik ataupun ketegangan di masyarakat Sulteng.

Deklarasi pemilu damai dihadiri oleh tokoh agama dari lima agama utama di Sulteng, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Buddha.

Adapun empat poin penting yang diusung dalam deklarasi tersebut meliputi:

Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
Berkomitmen untuk mensukseskan Pemilu tahun 2024 yang dijalankan dengan integritas, kejujuran, keadilan, demokrasi, keamanan, dan martabat.
Patuh pada peraturan perundang-undangan yang berlaku di NKRI.
Menolak segala bentuk penyebaran hoaks, ujaran kebencian, politik uang, serta politisasi agama dan etnis.

“Dengan demikian, harapan kita adalah agar deklarasi ini tidak hanya sebatas retorika dan janji kosong,” kata Ketua DPRD Sulteng, 27 Januari 2024.

Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh FKUB mengangkat tema “Mendampingi Umat, Sukseskan Pemilu Damai Tahun 2024”.

Ketua FKUB Provinsi Sulteng, Profesor Kiai Haji Zainal Abidin, menjelaskan bahwa tema tersebut dipilih karena para tokoh agama dari semua agama diharapkan dapat memberikan pandangan yang bermanfaat kepada umat masing-masing, sehingga tidak terjadi konflik akibat perbedaan pilihan politik.

“Pemilu damai adalah salah satu tujuan besar dalam pelaksanaan pemilu tahun ini,” kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Provinsi Sulteng, Doktor Kiai Haji Fahruddin Yambas, di Palu, Sabtu.

Fahruddin mengajak semua pihak untuk bekerja sama demi kesuksesan pelaksanaan Pemilu 2024 dengan pendidikan politik yang baik, untuk meningkatkan kualitas kedamaian, kerukunan, dan persatuan bangsa. (*/win)

Komentar