Dispusarda Sulteng Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi

AYOTAU, PALU- Dalam meningkatkan minat baca masyarakat provinsi Sulawesi Tengah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusarda) Sulteng, melaksanakan Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi, pada Satuan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus serta Masyarakat.

Kegiatan itu digelar secara offline dan virtual melalui aplikasi Zoom Meeting, di Aula Dispusarda, Selasa, 30 Maret 2021.

“Berdasarkan indeks alibaca (aktivitas literasi membaca) yang dirilis oleh Kemendikbud, bahwa saat ini minat baca masyarakat Sulteng menduduki peringkat 29 dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Sedangkan menurut BPS Sulteng melek literasi (buta aksara) berada pada titik terendah yakni 37 persen, dari rata-rata usia 12 hingga 35 tahun,” kata, Kepala Dispusarda Sulteng, Andi Hajidin.

Menurutnya, dari hasil penilaian peringkat literasi Internasional oleh Central Connecticut State University pada 2016, minat baca Indonesia masih dinilai sangat rendah. Bahkan tingkat kemampuan membaca dan literasi berada di urutan kedua terbawah yakni ke 60 dari 61 negara.

“Selain itu fenomena yang terjadi sekarang yakni menjamurnya media elektronik seperti Film, Video, Internet, dan Televisi, sangat berpotensi menurunkan budaya baca masyarakat,” ungkapnya.

Maka dari itu, kata Andi, upaya untuk meningkatkan minat baca dan menumbuh kembangkan budaya baca masyarakat khususnya di Sulteng. Dispusarda mengadakan sosialisasi budaya baca dan literasi, dengan harapan dapat mengembalikan bahkan meningkatkan minat baca masyarakat dan pelajar Sulteng.

“Yang paling utama adalah di kalangan anak didik, budaya baca dan literasi mestinya sudah disosialisasikan sejak dini, artinya tidak cukup hanya berharap pada lembaga pendidikan baik formal maupun nonformal,” katanya.

“Olehnya itu saya berharap kegiatan ini dapat memberi kontribusi yang besar dalam rangka membudayakan gemar membaca, dan literasi masyarakat di Sulteng selaras dengan tujuan pembangunan di daerah yang ingin kita capai dimasa mendatang,” katanya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed