Diharap Meningkat Gerakan Hidup Sehat

Ayotau, Palu- Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng, Komang Adi Sujendera, mengharapkan meningkatnya gerakan masyarakat untuk hidup sehat di Sulawesi Tengah. Hal ini disampaikan saat Rapat Koordinasi sekaligus pertemuan Implementasi Kebijaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dengan Lintas Sektor Provinsi Sulawesi Tengah di Palu, Senin 26 September 2022.

“Dengan adanya pertemuan ini semoga dapat tersosialisasikannya kebijakan germas melalui Peraturan Gubernur Nomor 11 Tahun 2021, dan implementasi kebijakan germas pada masing-masing OPD,” ucapnya.

Kata Adi, GERMAS sebagai penguatan upaya promotif dan preventif masyarakat yang merupakan langkah awal dalam membumikan paradigma sehat bagi setiap elemen masyarakat.

“Germas merupakan terobosan yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan,” ujar Adi.

Dia mengatakan Germas memiliki tujuan antara lain;  menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kematian maupun kecacatan.

Menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk, dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit serta pengeluaran kesehatan.

Adapun narasumber pada kegiatan ini yaitu pihak Bappeda Provinsi Sulawesi Tengah, Dinas Pemuda dan Olahraga serta Dinas Perhubungan.

Tujuan rakor yaitu menyosialisasikan Pergub Sulteng No.11 tahun 2021 tentang GERMAS. Mengaktifkan kembali forum koordinasi GERMAS secara berjenjang mulai dari tingkat provinsi sampai kabupaten kota.

Melakukan rapat koordinasi GERMAS setiap 3 bulan sekali yang difasilitasi oleh Bappeda. Seruan mengaktifkan kegiatan senam CERIA dan kebersihan lingkungan  kantor setiap hari jumat di masing-masing OPD melalui surat edaran dari Bappeda.

Setiap OPD wajib melaporkan kegiatan implementasi mendukung GERMAS kepada Bappeda selaku ketua tim. Membudayakan GERMAS setiap pertemuan yang dilaksanakan oleh OPD dan mitra.

Setiap OPD melaksanakan pemeriksanaan pada pekerja  serta mensosialisasikan implementasi GERMAS kab/kota untuk melaksanakan kampanye GERMAS minimal 4 kali dalam setahun.

Penguatan forum GERMAS dan OPD dengan  mengeluarkan kebijakan internal dalam kegiatan pertemuan dan kegiatan lainnya. Tujuan terakhir untuk pembentukan tim Teknis membantuk pelaksanaan tugas Forum Koordinasi GERMAS. (JT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *