Wabup Ajak Petani Tanam Kacang di Lahan Tidur

Ayotau, Sigi- Wakil Bupati (Wabup) Sigi, Samuel Y Pongi mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidur atau lahan kosong yang selama ini tidak digarap, untuk ditanamai kacang.

Ajakan itu Wabup sampaikan saat meninjau langsung lahan pertaninan yang terdampak bencana gempa bumi dan likuifaksi 2018 silam, di Desa Karawana Kecamatan Dolo, Jumat, 16 Juli 2021.

Kepada petani di desa itu, Wabup mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi telah bekerjasama dengan PT. Gunanusa Era Mandiri dibidang pertanian khususnya tanaman kacang.

“Sepanjang dari Desa Karawana sampai di Sidera akan disisir untuk di tanami kacang terutama dilahan yang tertidur atau tidak difungsikan,” katanya kepada petani.

Kata Wabup, kedepan Kabupaten Sigi akan menjadi sumber kacang bagi PT.Guna Nusa Era Mandiri. “Sehingga perusahaan tersebut tidak perlu mengeskpor sebanyak 15.000 ton kacang dari negara India tetapi dari lahan-lahan yang ada dikabupaten Sigi,” jelasnya.

Wabup juga mengatakan, jika kacang ini bermanfaat bagi petani di Kabupaten Sigi, maka akan di bangun pabrik kacang di Kabupaten Sigi sehingga kacang yang ada diwilayah itu diekspor ke negara-negara luar.

“Pemerintah Kabupaten Sigi berkomitmen untuk menjadikan Kabupaten Sigi sebagai eksportir dibidang pertanianan khususnya tanaman kacang,” ujarnya.

Diketahui kerjasama antara Pemkab Sigi dengan PT. Gunanusa Era Mandiri dibidang pertanian khususnya tanaman kacang guna membantu peningkatan kesejahteraan petani kacang pascabencana alam melalui penanaman tanaman kacang sebanyak 5000 hektar.(as)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed