oleh

Tingkatkan Kompetensi Guru, LPI-SGI Launching Nusantara-Go

Ayotau, Donggala- Lembaga Pengembangan Insani (LPI) DD dan Sekolah Guru Indonesia (SGI), bekerjasama dengan British Council dan Peartree Language (UK) melaunching program Nusantara-Go, program pengembangan profesional guru pedesaan dan terpencil di delapan Kabupaten salah satunya Kabupaten Donggala. Kegiatan ini berlangsung Senin sore, 16 Mei 2022 via zoom meeting.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala LPI Mulyadi Saputra, Bristish Council, Colm Downes, Peartree Language, Nicky Patridge, Joe Dale, Nusantara-Go Consultan, serta dari perwakilan wilayah, para mentor dan pengajar Nusantara-Go.

Mulyadi mengucapkan selamat kepada peserta yang tepilih, dengan harapan program ini bisa menjadi kemitraan startegis, yang berusaha membantu guru untuk peningkatan skill, guru lebih lebih percaya diri, guru dapat menemunkan metologi dalam pengajaran, sehingga program ini diharpakan akan berdampak kepada siswa.

Tujuan dari program ini adalah peningkatan kepercayaan diri guru ini menggunakan Bahasa Inggris dengan metode berbicara dan menulis. Selain itu, sebagai refleksi diri peserta tentang metodologi dan teknik untuk mendorong siswa mereka sendiri menggunakan Bahasa Inggris di kelas, kesadaran akan konsep keterampilan Abad 21 dan penerapan beberapa alat dan strategi terkait di kelas, serta peningkatan kapasitas di tingkat regional melalui pengembangan komunitas praktik berkelanjutan yang diperjuangkan oleh mentor dan peserta.

“Untuk peserta program yang lulus seleksi sebanyak 140 orang guru bahasa Inggris dari 8 Kabupaten; Musirawas 22 guru, Toli-toli 17 guru, Sigi 9 peserta, Lombok Tengah 19 guru, Donggala 22 guru, Brebes 22 guru, Dompu 18 guru, dan Lombok Utara 10 guru,” jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Donggala, H. Kasmudin mengatakan, Pemerintah Daerah sangat menyambut dan mendukung kegiatan Nusantara-Go ini. Bahkan dukungan itu langsung ditindaklanjut lewat surat sosialisasi dengan mengadakan kegiatan ini untuk guru Bahasa Inggris yang ada di Kab. Donggala untuk mendaftar dalam kegiatan ini.

“Seluruh peserta diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan profesionalitasnya dalam mengajar peserta didik yang ada didaerah masing-masing,” pungkasnya. (**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.