Sigi Siap Vaksinasi, Diawali Nakes dan TNI-Polri

Ayotau, Sigi- Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi, Roland Franklin mengatakan pemerintah setempat siap untuk melakukan vaksinasi Covid-19. Untuk melakukan vaksinasi pihaknya telah melakukan pelatihan maupun persiapan vaksinasi Covid-19 diwilayah itu.

Berbagai persiapan yang dilaksanakan seperti kecukupan sarana dan prasarana vaksinasi, penyiapan sumber daya manusia (SDM) dan pendataan tempat yang akan melakukan vaksinasi. Selain itu, pihaknya juga tengah menyiapkan tempat penyimpanan vaksin yang akan didistribusikan diwilayah itu.

“Pemkab Sigi sudah melakukan tahapan-tahapan dari bulan November diawali dengan sosialisasi pelaksanaan vaksinasi kemudian pelatihan-pelatihan melalui Dinas Kesehatan Provinsi, hingga peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM). Jadi ketika vaksin tiba di Sigi, kita sudah siap untuk melaksanakan,” kata Roland Franklin, Senin, 4 Januari 2020.

Roland mengatakan tenaga kesehatan (nakes) baik dokter maupun perawat dan TNI-Polri akan menjadi prioritas untuk mendapat vaksin tersebut.

“Vaksinasi akan dilakukan disejumlah Puskesmas di Kabupaten Sigi. Vaksinasi akan dilakukan bertahap, yang pertama divaksin itu tenaga kesehatan,TNI-Polri kemudian yang rentan terpapar Covid,” jelasnya.

Meski demikian kata Roland, pihaknya masih menunggu jadwal dari Dinas Kesehatan Provinsi, kapan vaksin Covid-19 itu akan didistribusikan di Sigi.

Untuk diketahui kasus Covid-19 di Kabupaten Sigi terus bertambah. Data per 5 Januari 2021, total angka konfirmasi positif 151 kasus, dengan rincian 17 dirawat atau isolasi, 128 sembuh dan 6 meninggal dunia.(as)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed