Seleksi KPID Sulteng Diupayakan Juli

Ayotau, Palu- Rencana seleksi Komisi Penyiaran Informasi Daerah (KPID) Sulawesi Tengah mulai menemukan titik terang, setelah sebelumnya terbentur anggaran. Komisi I DPRD Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu sudah menggelar pertemuan dengan Dinas Kominfo, dimana hasilnya sisa menunggu jaminan anggaran dan gubernur dan DPRD.

Sekretaris Komisi I DPRD Sulawesi Tengah, Ronald Gulla, saat ditemui Senin (21/6) mengatakan, untuk seleksi KPID saat ini anggarannya belum tersedian. Tapi sudah dibicarakan dengan Kominfo, sisa menunggu garansi dari gubernur dan DPRD.

“Kalau sudah ada jaminan dari gubernur, Juli tahapan seleksi sudah bisa dimulai. Saya optimis dalam waktu dekat tahapan seleksi KPID Sulawesi Tengah akan dimulai,” ujar Ronald Gulla.

Untuk seleksi KPID semua tahapannya dilaksanakan oleh DPRD Sulawesi Tengah. Dibutuhkan biaya kurang lebih Rp200 juta. DPRD sendiri menurut Ronald, sudah komitmen untuk mengalokasikan anggaran seleksi, sisa menunggu gubernur saja.

“Soal garansi gubernur itu tergantung komunikasi pimpinan DPRD Sulawesi Tengah. Tapi saya optimislah, bulan depan (Juli) sudah bisa kita mulai,” kata legislator dua periode ini.

Lambannya proses seleksi KPID ini karena sedari awal pihak KPID tidak pernah mengusulkan anggarannya, padahal masa jabatan mereka sudah selesai. Ronald juga mengakui, DPRD kecolongan sehingga komisioner yang ada masih terus menjabat.

“Kami kecolongan soal KPID. Bahkan DPRD sempat berfikir kalau memang KIPD sudah tidak dibutuhkan, lebih baik dibuarkan saja. Tapi oleh undag-undang tidak bisa, untuk Kominfo memberitahukan komisi I, sehingga upaya-upaya untuk melakukan seleksi bisa dijalankan,” tegas politisi PAN ini.

Karena itu, politisi asal Bangkep ini meminta kepada masyarakat yang ini mendaftar KIPD agar bersabar dulu. DPRD berupaya secepatnya proses penyediaan anggaran segera rampung.(win)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed