PMH Mengkhawatirkan, UPT Veteriner Latih Pengambilan Sampel

AyoTau, Sigi – Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Hewan UPT Veteriner Dinas Perkebunan Dan Peternakan Provinsi Sulteng Listiawati, mewakili kepala dinas menutup acara pelatihan pengambilan Sampel Penyakit Hewan Menular (PMH)

Pelatihan pengambilan sampel hewan tersebut berlangsung selama 2 hari. hari pertama dilaksanakan di hotel Paramasu di Kota Palu dan hari kedua dilaksanakan di Desa Sidera Kabupaten Sigi, Selasa 30 Mei 2023.

Dalam acara tersebut Listiawati menyampaikan, peserta yang hadir berasal dari 12 kabuapten dan 1 kota di Sulteng. Ia bersyukur acara ini berjalan lancar dan berterimakasih kepada peserta yang telah mengikuti dengan penuh perhatian

Pelatihan ini merupakan upaya menjaga tersebarnya PMH sehingga diharapakan nanti dinas peternakan di kabupaten dapat memgambil sendiri sampel PMH, jika nanti di daerah terserang wabah PMH.

“Dilapangan banyak sekali tantangan yang kita hadapi, terutaman pada hewan yang liar dan sulit kita pegang,” tuturnya.

Listiawati juga berterimakasih kepada pemateri yang sudah memberikan pelatihan dan bimbingan kepada peserta.

“Kedepan diharapkan ilmu yang disampaikan dan dipraktikkan, dapat diterapkan dalam rangkan menjaga penyebaran PMH diwilayah Sulteng,” harapnya.

Lanjut Listiawati, PMH di Sulteng sudah sangat menghawatirkan, olehnya pelatihan ini bagian dari usaha Dinas Peternakan dan Perkebunun lebih khsus UPT Veteriner untuk meminimalisir penyebaran PMH, dikarenakan petugas sudah bisa mengambil sampel PMH didaerahnya masing masing untuk dilaporkan jika kemudian itu merupakan PMH.

Ia berharap selepas dari pelatihan, peserta bisa pulang dengan selamat dan bisa mengaplikasin ilmu yang telah didapat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *