oleh

Pilkades Ditunda Hingga Oktober, Bakal Calon Diminta Jaga Kondusivitas

Ayotau, Sigi- Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2022 di Kabupaten Sigi ditunda. Rencananya Pilkades digelar pada Oktober mendatang.

Hal tersebut tertulis dalam surat edaran Pemerintah Kabupaten Sigi pada Selasa, 8 Maret 2022, tentang penundaan pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Sigi.

Surat edaran Nomor 140/4606/Setda yang ditujukan kepada Camat, Kades, BPD se Kabupaten Sigi dan panitia Pilkades itu, dibenarkan oleh Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sigi, Andi Wulur.

“Iya benar. Pelaksanaannya ditunda,” katanya saat dikonfirmasi.

Mantan Kasat Pol PP itu juga menambahkan, untuk mencegah aktivitas yang menimbulkan penyebaran/penularan Covid-19, tahapan Pilkades serentak juga akan tunda hingga Agustus 2022.

“Saat ini tahapan pilkades masih pada tahapan pendaftaran bagi calon kepala desa. Tahapan berikut kita tunda hingga Agustus,” ujarnya.

Ia mengajak kepada seluruh bakal calon kepala desa agar tetap menjaga kondusivitas desa, seiring dengan penundaan tersebut.

Diketahui, dari 176 desa, ada 130 desa akan menggelar Pilkades yang tersebar di 16 kecamatan di Kabupaten Sigi.

Dalam edaran tersebut dijelaskan, penundaan pelaksanaan Pilkades serentak sampai dengan Oktober 2022 dikarenakan akan dilakukan perubahan peraturan daerah Kabupaten Sigi Nomor 5 Tahun 2015 tentang Pilkades sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2015 tentang Pilkades.

Perubahan peraturan daerah didasari atas ditetapkannya peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pilkades, yang mengamanatkan kepada pemerintah daerah dalam melaksanakan tahapan Pilkades perlu melakukan penegakan protokol kesehatan untuk mencegah aktivitas yang menimbulkan penyebaran/penularan Covid-19 yang membahayakan kesehatan.

Kemudian, Perubahan ketentuan Pasal 26 ayat (4) Peraturan Daerah Kabupaten Sigi Nomor 1 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Sigi Nomor 5 Tahun 2015 tentang Pilkades yang bertentangan dengan Pasal 25 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pilkades.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.