Penghulu Bangkep Diharap Kuasai SIK

Ayotau, Bangkep- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Kepulauan, Junaidin membuka kegiatan Bimtek Sistem Informasi kepenghuluan (SIK) didampingi oleh Kasi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimais) Ahmad Yani, bertempat di Aula Kantor KUA Kecamatan Tinangkung, Kabupaten Banggai Kepulauan, belum lama ini.

Bimtek ini sendiri dihadiri oleh Kasi Kepenghuluan dan Keluarga Sakinah Kanwil Kemenag Sulteng Akbar Sidik, Novrianty pelaksana pada Seksi Kepenghuluan dan keluarga Sakinah, dan Hasbianto pelaksana pada Bidang Bimas Islam.

Dalam sambutannya, Kakankemenag Bangkep Junaidin mengimbau kepada Penghulu dan KUA untuk memahami dengan baik tupoksi dasar Penghulu, yakni ; Pelayanan, Pencatatan, Pengawasan, dan Pelaporan. Di samping itu para Penghulu juga siap dengan berbagai perubahan layanan, terlebih di era digitalisasi sekarang ini yang mengharuskan semua ASN untuk menguasai IT.

“Dalam menopang Tugas dan fungsinya sebagai ASN Kementerian Agama, hendaknya juga dapat melandasinya dengan 5 (lima) nilai budaya kerja Kemenag, yaitu; integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan,” kata Junaidin.

Selanjutnya Kasi Kepenghuluan dan Keluarga Sakinah, Akbar Sidik menyampaikan pentingnya penghulu dan KUA menguasai Sistem Informasi Kepenghuluan (SIK) dalam pelaksanaan tugasnya. “Setiap kegiatan yang dilakukan oleh penghulu dan KUA akan dilaporkan melalui aplikasi SIK yang merupakan hal sangat fital dalam modernisasi sistem informasi kepenghuluan,” kata Akbar Sidik.

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi praktek pengoperasian SIK oleh Novrianty dan secara langsung melakukan tanya jawab dengan peserta bimtek jika dalam pelaksanaannya terdapat masalah-masalah yang dialami oleh penghulu.

Penghulu dan KUA harus terus mengupdate data yang dimasukkan kedalam aplikasi. “setiap selesai melaksanakan kegiatan diharapakan agar supaya langsung melaporkannya dalam aplikasi agar supaya tidak ada kegiatan yang terlewat” tutup Novrianty. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed