Pemprov Diminta Harus Perbaikan TKDN

Ayotau, Palu- Berdasarkan laporan  Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) selaku pihak pengawas, Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah perlu melakukan perbaikan terkait Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

“Kita harus melakukan perbaikan dari setiap produk yang dibelanja oleh masing-masing OPD sesuai target yang diinput dalam Siswas BPKP,” ungkap Plt Sekdaprov Sulteng, Rudi Dewanto, saat memimpin rapat terkait dengan realisasi target capaian TKDN Sulawesi Tengah, Selasa 12 Juli 2022.

Rapat diikuti oleh pihak Inspektorat, Dinas Perindag, Dinas Koperasi dan UMKM, Biro PBJ lingkup Pemerintah Sulawesi Tengah. Rudi menyampaikan bahwa pertemuan tersbeut dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti hasil pengawasan yang dilakukan oleh BPKP.

Diharapkan kepada seluruh OPD-OPD yang nilai belanjanya masih nol kiranya segera memperbaiki target rencana sesuai dengan realisasi yang ada. Perlu adanya penguatan dan komitmen OPD untuk berbelanja di aplikasi E-Katalog yang telah ada dan kemudian dilakukan pengawasan oleh pihak terkait.

“Sebagai unsur pengawasan, inspektorat daerah terus meningkatkan peran sekaligus memonitor seluruh OPD yang memiliki realisasi belanja nol,” tandas Rudi. (JT)

Komentar